Demam Pada Presentasi Klinis Bayi

Demam Pada Presentasi Klinis Bayi

Audi Yudhasmara, Widodo Judarwanto

Demam adalah ketika suhu tubuh Anda lebih tinggi dari biasanya. Ini biasanya merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang dalam proses melawan beberapa jenis infeksi. Demam biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Sebagian besar demam ringan dan ringan tidak perlu dikhawatirkan. Anda harus dapat meredakan ketidaknyamanan dengan minum obat bebas, tetap terhidrasi, dan banyak istirahat. Setiap demam pada bayi di bawah 3 bulan, atau demam tinggi pada orang dewasa dan anak-anak, harus dinilai oleh profesional medis.

Demam pada bayi dan balita adalah salah satu masalah yang paling umum dan tantangan terbesar yang dihadapi oleh mereka yang merawat mereka. Artikel ini membahas etiologi paling umum dari demam pada kelompok usia ini dan aturan prediksi klinis yang tepat untuk mengidentifikasi bayi dan balita dengan risiko terendah untuk infeksi bakteri serius.

Demam adalah ketika suhu tubuh Anda lebih tinggi dari biasanya. Suhu tubuh rata-rata adalah sekitar 98,6°F (37°C). Suhu tubuh rata-rata Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari itu. Itu juga dapat sedikit berfluktuasi sepanjang hari. Fluktuasi ini dapat bervariasi dengan usia dan seberapa aktif Anda. Suhu tubuh Anda biasanya paling tinggi di sore hari. Ketika suhu tubuh Anda naik lebih tinggi dari biasanya, itu mungkin pertanda bahwa tubuh Anda sedang dalam proses melawan infeksi. Ini biasanya bukan alasan untuk khawatir.

Suhu berikut atau lebih tinggi menunjukkan demam:

• Anak-anak: 100,4°F (38°C) (oral)
  • Bayi (di bawah 1 tahun): 99°F (37,2°C) (ketiak) atau 100,4°F (38°C) (rektal)

Neonatus

• Neonatus (≤28 hari) dengan demam mungkin memiliki sedikit petunjuk tentang riwayat dan pemeriksaan fisik untuk memandu terapi; namun, 3% memiliki infeksi bakteri yang serius. Mendapatkan riwayat medis yang bersangkutan dari ibu mengenai kehamilan, persalinan, dan kehidupan neonatal dini dari neonatus demam sangat penting. Biasanya, infeksi yang terjadi dalam 7 hari pertama kehidupan adalah sekunder dari transmisi vertikal, dan infeksi yang terjadi setelah 7 hari pertama biasanya didapat dari komunitas atau didapat di rumah sakit.
  • Identifikasi pasti dari infeksi bakteri yang serius memerlukan pemeriksaan laboratorium; evaluasi sepsis penuh; dan hasil positif pada kultur darah, cairan serebrospinal (CSF), dan/atau urin. Meningitis bakterial lebih sering terjadi pada bulan pertama kehidupan dibandingkan waktu lainnya. Diperkirakan 5-10% neonatus dengan sepsis streptokokus grup B (GBS) onset dini memiliki meningitis bersamaan.

Bayi Muda

• Pendekatan umum untuk demam pada bayi demam usia 28-60 hari termasuk mempertahankan indeks kecurigaan yang tinggi, karena pasien ini sering kekurangan petunjuk pada pemeriksaan fisik. Prevalensi infeksi bakteri serius pada bayi di bawah 3 bulan adalah sekitar 6-10%, paling sering infeksi saluran kemih (ISK). Menariknya, bayi berusia 3 bulan atau lebih muda dengan infeksi virus yang dikonfirmasi berada pada risiko yang lebih rendah untuk infeksi bakteri yang serius bila dibandingkan dengan mereka yang infeksi virusnya tidak teridentifikasi [2]; meskipun ISK masih merupakan infeksi bersamaan yang signifikan pada bayi dengan bronkiolitis.
BACA  Kisah Luarbiasa Bayi Prematur Dengan Ibu Covid19

Anak Berusia 3 Bulan hingga 3 Tahun

• Menurut pedoman dari Agency of Health Care Policy and Research yang diterbitkan pada tahun 2012, pada bayi di bawah 3 bulan dengan suhu rektal 38oC atau lebih tinggi, prevalensi infeksi bakteri serius yang dilaporkan dalam penelitian yang dilakukan di bagian gawat darurat Amerika Utara atau praktik perawatan primer berkisar antara dari 4,1-25,1%.
  • Secara historis, anak-anak berusia 3 bulan hingga 3 tahun dengan suhu rektal 38,5o C atau lebih tinggi memiliki risiko 2-4% untuk bakteremia tersembunyi. Penyebab utama infeksi aliran darah adalah Streptococcus pneumoniae, diikuti oleh Haemophilus influenzae tipe b. Dengan diperkenalkannya vaksin yang efektif untuk patogen ini, insiden dan epidemiologi bakteremia masa kanak-kanak pada pejamu yang secara imunologis normal telah banyak berubah; hanya 1 dari 200 (0,5%) anak demam yang sekarang ditemukan bakteremia.
  • Insiden bakteremia okultisme pada populasi ini sekarang berkisar antara 0,25-0,7%; apalagi, 2 dari setiap 3 isolat darah dari anak-anak ini merupakan artefak (kontaminasi) dan bukan patogen sejati.  S pneumoniae dan Escherichia coli adalah patogen yang paling umum, terhitung dua pertiga dari kasus. Pada bayi dengan S pneumoniae, banyak isolat adalah galur yang tidak tercakup oleh vaksin konjugat heptavalent yang tersedia saat ini.
  • Anak-anak dengan bakteremia pneumokokus dapat hadir dengan otitis media akut, pneumonia, gejala sinusitis, meningitis, kejang demam, selulitis (termasuk selulitis orbital atau wajah), atau penyakit demam nonspesifik. Bakteremia E coli paling sering terjadi pada anak di bawah 1 tahun dan biasanya berhubungan dengan infeksi saluran kemih (ISK). Staphylococcus aureus menyumbang 15% dari infeksi aliran darah dan mungkin berhubungan dengan kulit, jaringan lunak, atau infeksi muskuloskeletal. Spesies Salmonella, Neisseria meningitides, dan S pyogenes merupakan penyebab sebagian besar infeksi yang tersisa.
  • Seperti kebanyakan pasien, pendekatan pada anak demam berusia 3 bulan sampai 3 tahun terdiri dari riwayat medis yang ditargetkan, pemeriksaan fisik lengkap, dan penggunaan tes laboratorium yang bijaksana.

Edukasi Pasien

• Sebuah penelitian memperkirakan sejauh mana calon orang tua Kanada akan mencari perawatan medis pada neonatus demam (usia 30 hari atau kurang). Studi ini juga mengevaluasi pengetahuan calon orang tua tentang tanda dan gejala demam pada neonatus dan tindakan yang akan dilakukan calon orang tua Kanada untuk mengoptimalkan kesehatan anak mereka.
  • Meskipun akses universal ke perawatan kesehatan berkualitas tinggi di Kanada, penelitian ini menyoroti kesenjangan dalam pengetahuan tentang perawatan bayi demam pada seperlima calon orang tua. Dokter dan penyedia layanan kesehatan harus berusaha untuk memberikan pendidikan dini kepada calon orang tua tentang bagaimana mengenali tanda-tanda demam pada neonatus dan cara terbaik untuk mencari perawatan medis.
BACA  Susu Formula Bayi dan Cara Pemilihan Susu Terbaik

MANIFESTASI KLINIS

• Anamnesis dan Pemeriksaan Neonatus Anamnesis yang menyeluruh sangat penting untuk semua neonatus dengan demam. Gejala terkait mungkin spesifik sistem (misalnya, diare, batuk) atau tidak spesifik (misalnya, makan yang buruk, lekas marah, lesu). Kejang telah dilaporkan pada 20-50% neonatus dengan meningitis. Paparan kontak sakit di rumah tangga atau tempat penitipan anak harus dipastikan, serta riwayat penyakit sebelumnya, imunisasi, atau penggunaan antibiotik saat berada di rumah sakit bersalin atau sejak keluar dari rumah sakit.
  • Riwayat sebelum lahir Tinjauan riwayat prenatal, termasuk riwayat ibu dengan infeksi menular seksual (human immunodeficiency virus [HIV], hepatitis B dan hepatitis C, sifilis, gonore, klamidia, herpes simpleks), status dan profilaksis Streptokokus grup B ibu (GBS), cara persalinan, ketuban pecah berkepanjangan, dan riwayat demam ibu harus dicatat. Berat lahir kurang dari 2500 g, ketuban pecah sebelum onset persalinan, persalinan septik atau traumatis, hipoksia janin, infeksi peripartum ibu, dan galaktosemia merupakan faktor risiko infeksi bakteri serius pada neonatus. Usia kehamilan harus ditentukan, karena bayi prematur memiliki peningkatan risiko infeksi bakteri yang serius. Lihat Usia Kehamilan dari perkiraan Tanggal Pengiriman (EDD) kalkulator.
  • Kursus pembibitan Kursus perawatan neonatus harus dicatat, termasuk usia pasien pulang dari kamar bayi, apakah neonatus laki-laki telah disunat atau tidak, dan penggunaan antibiotik peripartum atau antepartum. Setiap penyakit atau kondisi yang mendasari, serta penggunaan obat-obatan yang dapat meningkatkan risiko infeksi, harus dipastikan. Diet (yaitu, kuantitas dan deskripsi susu yang dikonsumsi; ASI vs susu formula; dan, jika relevan, metode yang digunakan pengasuh untuk menyiapkan dan menyimpan susu formula) dan riwayat tidur harus diperoleh, karena penurunan asupan oral atau perubahan akut dalam tidur pola mungkin petunjuk untuk infeksi invasif.
  • Kontak rumah tangga Kontak sakit apa pun dalam rumah tangga juga harus dicatat. Paparan terhadap hewan apa pun di dalam rumah pengasuh atau di luar rumah (misalnya, di fasilitas penitipan anak) harus ditentukan. Status vaksinasi anggota rumah tangga harus ditentukan. Riwayat kehilangan atau kematian janin ibu karena penyakit infeksi pada bayi sebelumnya meningkatkan kecurigaan anomali kongenital dan defisiensi imun primer. Mengidentifikasi siapa yang ada di rumah neonatus, siapa pengasuh utama, kontak dengan imigran baru, dan paparan tunawisma dan kemiskinan semuanya berdampak pada perawatan yang diterima neonatus.

Review sistem dan pemeriksaan fisik

• Sebuah tinjauan menyeluruh dari sistem harus diperoleh untuk mengidentifikasi gejala lain yang terkait dengan demam. Pemeriksaan fisik lengkap termasuk tanda-tanda vital (suhu 38°C = 100,4°F), oksimetri nadi, dan parameter pertumbuhan dengan persentil diperlukan. Penampilan umum harus diperhatikan untuk tingkat aktivitas, warna, nada, dan iritabilitas. Tanda-tanda infeksi lokal harus diidentifikasi melalui pemeriksaan menyeluruh pada kulit, selaput lendir, telinga, dan ekstremitas.
  • Adanya tali pusat setelah usia 4 minggu harus diperhatikan, karena merupakan petunjuk potensial untuk defisiensi adhesi leukosit, dan kurangnya sunat pada laki-laki harus diperhatikan, karena meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Selain demam, gambaran klinis ISK yang paling umum pada neonatus termasuk gagal tumbuh, ikterus (biasanya sekunder akibat hiperbilirubinemia terkonjugasi akibat kolestasis), dan muntah. Iritabilitas, tidak dapat dihibur, perfusi yang buruk, tonus yang buruk, penurunan aktivitas, dan kelesuan dapat menjadi tanda-tanda infeksi serius pada kelompok usia ini.
  • Kebanyakan neonatus dengan meningitis bakterial memiliki ubun-ubun penuh dengan fleksi leher normal pada saat presentasi. Ingatlah bahwa neonatus yang lebih muda dari 28 hari dengan infeksi bakteri yang signifikan dapat tampak berisiko rendah saat menganalisis riwayat, temuan pemeriksaan fisik, dan nilai laboratorium; dengan demikian, indeks kecurigaan yang tinggi harus dipertahankan.