Penanganan Bayi Dengan Covid-19

Pengalaman klinis bayi dengan COVID-19 mengalami demam, kesulitan makan, limfopenia dan trombositosis tetapi tidak batuk, menurut sebuah laporan baru. Penelitian menunjukkan anak-anak dengan COVID-19 biasanya memiliki penyakit ringan, tetapi bayi lebih rentan terhadap penyakit parah daripada anak yang lebih besar.

Sindrom pernapasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang beredar luas telah menyebabkan pandemi penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) yang menghancurkan. Dampak dari infeksi ini bervariasi secara signifikan dengan usia, terutama anak-anak kecil, meskipun tidak sepenuhnya.

Namun, sebuah studi baru, yang dirilis sebagai pracetak di server medRxiv*, menunjukkan bahwa bayi mungkin tidak kebal terhadap virus seperti anak-anak. Para peneliti melacak ini ke ekspresi enzim pengubah angiotensin 2 (ACE2) ke berbagai tingkat dalam kelompok yang berbeda.

ACE2 adalah reseptor sel inang yang memediasi perlekatan virus dan selanjutnya masuk ke dalam sel inang untuk menghasilkan partikel virus baru. Hubungan antara keberadaan reseptor ini dan kerentanan terhadap virus sejauh ini telah lolos dari definisi yang tepat.

Ekspresi ACE2

• Ekspresi ACE2 tinggi pada epitel saluran napas, menginduksi banyak gejala pernapasan seperti batuk, hidung tersumbat, kesulitan bernapas, dan pada penyakit parah, sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), yang menyebabkan kegagalan multi-organ dan kematian pada sebagian kecil pasien.
  • Meskipun laki-laki terkenal lebih rentan terhadap COVID-19 parah meskipun tingkat infeksi setara pada kedua jenis kelamin, tingkat ACE2 tidak diragukan lagi lebih tinggi pada laki-laki. Dalam wabah SARS-CoV sebelumnya juga, laki-laki lebih cenderung sakit parah, tetapi tingkat ACE2 mereka sebenarnya ditemukan lebih rendah dalam penelitian yang dilakukan di Hong Kong, Singapura dan Taiwan.
  • ACE2 tampaknya melindungi sel paru-paru tipe 2 terhadap infeksi, bahkan saat bertindak sebagai reseptor virus. Peran protektif ini ditelusuri ke fungsinya dalam aksis renin-angiotensin, di mana ia mengubah vasokonstriktor angiotensin II menjadi senyawa vasodilatasi angiotensin (1-7) melalui hidrolisis.
  • Kelompok senyawa yang terakhir melindungi paru-paru dari peradangan dan perubahan fibrotik. Dengan tingkat ACE2 yang lebih rendah, tingkat angiotensin II meningkat, yang diketahui menginduksi sitokin pro-inflamasi seperti interleukin (IL)-6. Ini secara luas dianggap sebagai mediator utama badai sitokin, yang mendasari peningkatan kematian pada COVID-19 yang parah dan kritis
  • Dengan demikian, peran ekspresi ACE2 sangat kompleks. Ini telah mengangkat masalah apakah jumlah limfosit memodulasi kerentanan. Limfosit adalah sel kekebalan, dan jumlahnya relatif rendah seiring bertambahnya usia. Ini mungkin berperan dalam melindungi anak-anak dari gejala COVID-19 pada anak-anak.
BACA  Perawatan Kulit Bayi Oleh Orang Tua yang Pertama Kali

Penelitian Covid19 Pada Bayi

• Studi saat ini bertujuan untuk memahami apakah status kekebalan khusus neonatus melindungi mereka dari infeksi SARS-CoV-2.
  • Para peneliti menggunakan data pada 1,7 juta tes reaksi berantai polimerase (PCR) yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan materi genetik virus dan dengan demikian dianggap sebagai standar emas untuk identifikasi infeksi. Data PCR dikumpulkan dari situs pemerintah dan digunakan untuk memperkirakan kemungkinan infeksi pada kelompok usia yang berbeda, kedua jenis kelamin dan dengan adanya penyakit kronis tertentu.
  • Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat tes positif adalah 38% dan, seperti yang diharapkan, orang tua kemungkinan besar akan positif. Pasien yang lebih muda di bawah 60 lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi.
  • Namun, penurunan risiko ini tidak merata di antara semua kelompok umur. Hubungannya lebih berbentuk U, dengan bayi dan remaja yang lebih tua lebih rentan terhadap infeksi daripada anak kecil. Dengan demikian, perubahan ACE2 terkait usia, distribusi sel imun, dll., tidak cukup untuk menjelaskan risiko yang lebih rendah pada anak-anak.
  • Fenomena ini sebelumnya telah dilaporkan, dengan mereka yang berusia di bawah 5 tahun menunjukkan risiko infeksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berusia antara 6 dan 10 tahun.
  • Para peneliti memeriksa parameter laboratorium lain seperti jumlah limfosit dan keberadaan antibodi reaktif silang yang meningkat terhadap virus corona manusia endemik musiman, yang melindungi terhadap SARS-CoV-2 sampai batas tertentu.
  • Karena jumlah limfosit paling tinggi pada bayi, mereka seharusnya, secara logis, paling tidak berisiko untuk COVID-19, yang memungkiri kurva berbentuk U yang diamati. Sekali lagi, antibodi terhadap virus corona manusia endemik menunjukkan bentuk U terbalik, yang juga harus tercermin dalam kerentanan terhadap SARS-CoV-2, bukan kurva berbentuk U yang diamati.
  • ACE plasma terkait dengan aktivitas ACE2 dalam kesehatan, dan karena tingkat ACE memiliki hubungan berbentuk U dengan usia. Tingkat ACE tertinggi pada anak di bawah 2 tahun, dibandingkan dengan mereka yang berusia 2-4 tahun.
  • Para peneliti mengklaim bahwa ini akan menunjukkan kurva berbentuk U untuk ACE2 yang diplot terhadap usia, tetapi
BACA  Bagaimana Melindungi Orang yang Menyusui Saat Pandemi

Pengalaman Klinis

Para peneliti melaporkan gejala dan hasil dari tiga bayi di New York, dua di antaranya telah diketahui terpapar SARS-CoV-2. Temuan mereka dipublikasikan hari ini di “A Case Series of the 2019 Novel Coronavirus (SARS-CoV-2) in Three Febrile Infants in New York,” (Feld F, et al. Pediatrics. 13 Mei 2020, https://doi .org/10.1542/peds.2020-1056).

1. Pasien BG adalah laki-laki 43 hari dengan demam, lesu, kesulitan makan dan hidung tersumbat. Dia tidak mengalami batuk atau kesulitan bernapas, gejala umum COVID-19, ketika dia dibawa ke bagian gawat darurat pediatrik (PED). Dia mengalami gangguan pernapasan ringan dengan takipnea dan retraksi subkostal pada hari kedua. Dokter menemukan limfopenia, neutropenia dan trombositosis. Panel virus pernapasan (RVP) dan panel reaksi rantai polimerase (PCR) cairan serebrospinal (CSF) negatif. PCR SARS-CoV-2 positif. Dia diberi antibiotik dan dipulangkan pada hari ketiga.
  2. Pasien NV, adalah laki-laki berusia 28 hari dengan keluhan demam, mengantuk, dan nafsu makan yang buruk. Dia tidak mengalami batuk, hidung tersumbat atau gejala gastrointestinal. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan limfopenia dan trombositosis, dan RVP-nya negatif. SARS-CoV-2PCR positif. Dia diberi antibiotik dan dipulangkan pada hari kedua.
  3. Pasien QY adalah seorang wanita berusia 43 hari yang mengalami demam di rumah tetapi tidak demam di PED. Laboratorium menunjukkan limfopenia, neutropenia dan trombositosis dan RVP negatif. PCR SARS-CoV-2 positif. Bayi dipulangkan tetapi dibawa kembali sebentar karena kultur darah positif untuk streptococcus salivarius yang kemudian dikaitkan dengan kontaminan.

Pengalaman yang terbatas dengan bayi demam yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi SARS-CoV-2 menunjukkan sementara manifestasi pernapasan mungkin ada, mereka kurang menonjol; lekas rewel, lesu, dan makan yang buruk lebih sering ditemui. Lymphopenia, trombositosis, dan mungkin neutropenia, tanpa adanya sumber demam lain, dapat mendorong penyelidikan untuk infeksi SARS-CoV-2.”