Rubela atau Campak Jerman Pada Bayi : Gejala, Bahaya dan Pencegahannya

Rubela atau Campak Jerman Pada Bayi : Gejala, Bahaya dan Pencegahannya

Rubela atau dikenal juga dengan nama Campak Jerman adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Rubella ynag bisa juga terjadi pada usia bayi. Virus biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan.  Virus ini menular lewat udara. Rubela juga biasanya ditularkan oleh ibu kepada bayinya, makanya disarankan untuk melakukan tes Rubela sebelum hamil. Bayi yang terkena virus Rubela selama di dalam kandungan beresiko cacat. Infeksi Virus Rubela memiliki waktu inkubasi 2 sampai dengan 3 minggu.

Vaksin campak adalah vaksin untuk mencegah penyakit campak, yang mulai diberikan pada anak usia 9 bulan. Pemberian vaksin ini masuk ke dalam program imunisasi rutin lengkap yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia. Meski telah diberikan vaksin, bukan berarti anak sepenuhnya dapat terhindar dari campak. Kemungkinan anak terjangkit penyakit tersebut tetap ada, namun potensinya sangat kecil dan gejala yang muncul akan lebih ringan. Vaksin campak juga dapat diberikan pada remaja dan orang dewasa. Seseorang yang kurang yakin atau lupa pernah menerima vaksin atau tidak, dapat langsung berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan melakukan tes darah untuk memastikannya.

Rubella adalah infeksi virus menular yang paling dikenal dengan ruam merahnya yang khas. Ini juga disebut campak Jerman atau campak tiga hari. Meskipun infeksi ini dapat menyebabkan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala pada kebanyakan orang, infeksi ini dapat menyebabkan masalah serius bagi bayi yang belum lahir yang ibunya terinfeksi selama kehamilan.

Rubella tidak sama dengan campak, tetapi kedua penyakit tersebut memiliki beberapa gejala yang sama, termasuk ruam merah. Rubella disebabkan oleh virus yang berbeda dari campak, dan rubella tidak menular atau separah campak.

Vaksin campak-gondok-rubella (MMR) sangat efektif dalam mencegah rubella.

Di banyak negara, infeksi rubella jarang atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun, karena vaksin tidak digunakan di mana-mana, virus tersebut tetap menimbulkan masalah serius bagi bayi yang ibunya tertular selama kehamilan.

BACA  5 Fakta Tentang Bayi Baru lahir di Dunia

Gejala

Tanda dan gejala rubella seringkali sulit untuk diperhatikan, terutama pada anak-anak. Tanda dan gejala umumnya muncul antara dua dan tiga minggu setelah terpapar virus. Biasanya berlangsung sekitar satu hingga lima hari dan mungkin termasuk:

• Demam ringan 102 F (38,9 C) atau lebih rendah
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat atau meler
  • Mata merah meradang
  • Kelenjar getah bening yang membesar dan lembut di dasar tengkorak, di belakang leher dan di belakang telinga
  • Ruam halus berwarna merah muda yang dimulai di wajah dan dengan cepat menyebar ke batang tubuh dan kemudian ke lengan dan tungkai, sebelum menghilang dalam urutan yang sama
  • Nyeri sendi, terutama pada wanita muda

Kapan harus ke dokter

• Hubungi dokter Anda jika Anda merasa Anda atau anak Anda mungkin telah terpapar rubella atau jika Anda memiliki tanda atau gejala yang disebutkan di atas.
  • Jika Anda mempertimbangkan untuk hamil, periksa catatan vaksinasi Anda untuk memastikan Anda telah menerima vaksin MMR. Jika Anda hamil dan Anda mengembangkan rubella, terutama selama trimester pertama, virus dapat menyebabkan kematian atau cacat lahir yang serius pada janin yang sedang berkembang. Rubella selama kehamilan adalah penyebab paling umum dari tuli bawaan. Yang terbaik adalah dilindungi dari rubella sebelum kehamilan.
  • Jika Anda hamil, kemungkinan besar Anda akan menjalani pemeriksaan rutin untuk mengetahui kekebalan terhadap rubella. Tetapi jika Anda belum pernah menerima vaksin dan Anda mengira Anda mungkin terpapar rubella, segera hubungi dokter Anda. Tes darah mungkin memastikan bahwa Anda sudah kebal.

Penyebab

• Rubella disebabkan oleh virus yang ditularkan dari orang ke orang. Itu dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Itu juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan sekresi pernapasan orang yang terinfeksi, seperti lendir. Itu juga dapat ditularkan dari wanita hamil ke anak-anak mereka yang belum lahir melalui aliran darah.
  • Seseorang yang telah terinfeksi virus penyebab rubella dapat menular selama satu hingga dua minggu sebelum timbulnya ruam sampai sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit sebelum orang tersebut menyadari bahwa dia mengidapnya.
  • Rubella jarang terjadi di banyak negara karena kebanyakan anak menerima vaksinasi untuk melawan infeksi pada usia dini. Di beberapa belahan dunia, virus masih aktif. Ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pergi ke luar negeri, terutama jika Anda sedang hamil.
BACA  Nilai Sel Darah Putih pada Bayi Baru Lahir

Komplikasi

• Rubella adalah infeksi ringan. Setelah Anda menderita penyakit ini, Anda biasanya kebal secara permanen. Beberapa wanita yang pernah mengalami rubella mengalami radang sendi pada jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut, yang umumnya berlangsung sekitar satu bulan. Dalam kasus yang jarang terjadi, rubella dapat menyebabkan infeksi telinga atau radang otak.
  • Namun, jika Anda hamil saat terkena rubella, konsekuensi untuk janin Anda mungkin parah, dan dalam beberapa kasus berakibat fatal. Hingga 80% bayi yang lahir dari ibu yang menderita rubella selama 12 minggu pertama kehamilan mengembangkan sindrom rubella kongenital. Sindrom ini dapat menyebabkan satu atau lebih masalah, termasuk:
    • Keterlambatan pertumbuhan atau gagal tumbuh
    • Katarak
    • Ketulian
    • Cacat jantung bawaan
    • Cacat pada organ lain
    • Cacat intelektual
    • Risiko tertinggi pada janin adalah selama trimester pertama, tetapi paparan di kemudian hari juga berbahaya.

Pencegahan

• Vaksin rubella biasanya diberikan sebagai vaksin gabungan campak-gondok-rubella (MMR). Dokter menganjurkan agar anak-anak menerima vaksin MMR antara usia 12 dan 15 bulan, dan lagi antara usia 4 dan 6 tahun – sebelum masuk sekolah. Sangat penting bagi anak perempuan untuk menerima vaksin untuk mencegah rubella selama kehamilan berikutnya.
  • Bayi yang lahir dari wanita yang telah menerima vaksin atau yang sudah kebal biasanya terlindungi dari rubella selama enam hingga delapan bulan setelah lahir. Jika seorang anak membutuhkan perlindungan dari rubella sebelum usia 12 bulan – misalnya, untuk perjalanan luar negeri tertentu – vaksin dapat diberikan sejak usia 6 bulan. Namun anak-anak yang divaksinasi dini tetap perlu divaksinasi pada usia yang dianjurkan nantinya.
  • Kekhawatiran luas telah dikemukakan tentang kemungkinan hubungan antara vaksin MMR dan autisme. Namun, laporan ekstensif dari American Academy of Pediatrics, National Academy of Medicine, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang terbukti secara ilmiah antara vaksin MMR dan autisme. Juga tidak ada manfaat ilmiah untuk memisahkan vaksin.
  • Organisasi-organisasi ini mencatat bahwa autisme sering ditemukan pada balita berusia antara 18 dan 30 bulan, yang berarti anak-anak diberi vaksin MMR pertama mereka. Tapi kebetulan waktu ini biasanya tidak boleh disalahartikan sebagai hubungan sebab-akibat.