Pertumbuhan Pada Bayi, Gejala dan Penanganan

Gejala masalah pertumbuhan pada bayi

• Beberapa masalah pertumbuhan dapat segera didiagnosis saat lahir karena bayi mungkin sangat kecil untuk usianya. Akan tetapi, banyak masalah pertumbuhan yang baru diketahui ketika anak tampak lebih kecil dari teman sekelasnya atau ketika pertumbuhan tampak tidak signifikan selama periode satu tahun. Gejala utama yang mungkin mengindikasikan masalah pertumbuhan adalah ketika seorang anak tumbuh kurang dari dua inci setahun setelah ulang tahun ketiganya.
  • Gejala masalah pertumbuhan mungkin menyerupai masalah atau kondisi medis lain. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk diagnosis.

Masalah diagnosis gangguan pertumbuhan

Diagnosis masalah pertumbuhan harus dibuat oleh dokter anak Anda. Metode yang digunakan untuk diagnosis akan bergantung pada jenis gangguan pertumbuhan yang disajikan. Selain riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik, tes diagnostik mungkin termasuk:

• Mengamati kesehatan dan pertumbuhan anak selama beberapa bulan Tes darah (untuk menyingkirkan hormon, kromosom atau kelainan lain yang berhubungan dengan kegagalan pertumbuhan).
  • Sinar-X tulang (energi elektromagnetik yang digunakan untuk menghasilkan gambar tulang dan organ dalam pada film untuk menentukan kematangan dan potensi pertumbuhan tulang).
  • Memeriksa fungsi kelenjar pituitari yang memproduksi dan mengeluarkan hormon pertumbuhan dan hormon lainnya.

Penanganan masalah pertumbuhan

Perawatan khusus untuk masalah pertumbuhan akan ditentukan oleh dokter anak Anda. Rencana akan didasarkan pada:

• Status kesehatan dan riwayat kesehatan anak Anda saat ini
  • Tingkat keparahan masalahnya
  • Kemampuan anak Anda untuk menghadapi prosedur medis dan minum obat yang diresepkan
  • Keyakinan dan keinginan Anda tentang pengobatan
  • Pengobatan masalah pertumbuhan akan tergantung pada jenis gangguan pertumbuhan yang disajikan. Jika suatu kondisi medis menyebabkan masalah pertumbuhan, pengobatan kondisi tersebut dapat meringankan masalah pertumbuhan.