Pencegahan Infeksi Neonatal atau Bayi Baru Lahir

Mengurangi mortalitas perinatal dan neonatal dan morbiditas di kemudian hari adalah salah satu tujuan utama dokter kandungan dan neonatologi. Di negara maju, prakarsa kesehatan masyarakat seperti vaksinasi masa kanak-kanak telah membantu mengurangi efek penyakit menular pada kematian janin dan neonatal serta morbiditas jangka panjang. Namun, penyakit menular di seluruh dunia masih berdampak besar pada wanita hamil, janin dan anak-anaknya. Memang, telah diperkirakan bahwa 30-40% kematian neonatal di seluruh dunia (dengan total 4 035.000 pada tahun 2001 menurut WHO) terkait dengan penyakit menular. Bahkan di negara maju, masih ada tantangan yang cukup besar bagi ahli kebidanan dan neonatologi dalam pengelolaan penyakit menular selama kehamilan dan pada bayi baru lahir. Mobilitas yang meningkat antar negara, penderitaan para pengungsi dan pencari suaka, HIV dan patogen yang resistan terhadap obat dapat menjadi tantangan khusus bagi para profesional perawatan kesehatan.

Penyebab bakteri penyakit sistemik dan multisistem mengikuti, bersama dengan bab spesifik rinci tentang peran bakteri spesifik (seperti klamidia, gonokokus, mikoplasma, tuberkulosis dan streptokokus grup B) pada infeksi janin dan neonatal dalam sistem tubuh.  Penyakit virus termasuk tentang HIV, hepatitis, parvovirus dan cytomegalovirus. Cacar dan vaksin juga mendapat perlindungan (meski lebih singkat). Infeksi lain berupa infeksi protozoa, cacing dan jamur, dengan bab-bab khusus tentang toksoplasmosis, kandidiasis, dan infeksi yang lebih jarang, seperti Pneumocystispneumonia, yang mungkin menjadi semakin penting dalam kaitannya dengan HIV dan AIDS. Epidemiologi infeksi yang didapat di rumah sakit di unit neonatal, pencegahan dan pengendaliannya; pengujian laboratorium pada dugaan sepsis neonatal dan satu bab yang berhubungan dengan farmakologi klinis antimikroba — baik pada kehamilan dan pada neonatus

Sebagian besar bayi baru lahir memasuki dunia dengan sehat. Namun terkadang, bayi mengalami kondisi yang memerlukan tes dan perawatan medis. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap penyakit tertentu, jauh lebih mudah daripada anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sistem kekebalan baru mereka tidak cukup berkembang untuk melawan bakteri, virus, dan parasit yang menyebabkan infeksi ini.

BACA  Overdiagnosis Alergi Susu Sapi, Ternyata Bayiku Tidak Mengalami Alergi susu Sapi

Akibatnya, saat bayi baru lahir sakit, mereka mungkin perlu menghabiskan waktu di rumah sakit atau bahkan unit perawatan intensif neonatal (NICU) untuk sehat kembali. Meskipun menakutkan melihat bayi Anda dirawat di rumah sakit, tinggal di rumah sakit seringkali merupakan cara terbaik untuk kembali sehat bagi bayi baru lahir yang sakit.

Tanda yang Harus Diperhatikan

Banyak infeksi menyebabkan gejala serupa. Hubungi dokter anak Anda atau cari perawatan medis darurat jika bayi baru Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi berikut ini:

• nafsu minum atau makan yang buruk
  • kesulitan bernapas
  • kelesuan, lemah atau lemas
  • penurunan atau peningkatan suhu
  • ruam kulit yang tidak biasa atau perubahan warna kulit
  • rewel atau menangis terus menerus
  • lekas marah yang tidak biasa
  • Perubahan yang mencolok pada perilaku bayi, seperti tiba-tiba tidur terus menerus atau tidak banyak tidur, juga bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Tanda-tanda ini menjadi perhatian yang lebih besar jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Untuk memastikan kesehatan yang baik, periksakan bayi Anda ke dokter segera jika Anda mencurigai ada masalah.

Pencegahan Infeksi Neonatal atau bayi baru Lahir

• Jika seorang wanita hamil didiagnosis dengan salah satu infeksi ini, atau jika ia dianggap berisiko terinfeksi, tindakan pencegahan dapat menurunkan kemungkinan ia akan menularkannya kepada bayinya. Karena banyak infeksi dapat diobati dengan obat yang diberikan kepada ibu saat dia hamil, tes ibu sangat berguna.
  • Dalam banyak kasus, tes darah atau cairan cepat dapat menentukan apakah seorang wanita hamil harus menerima perawatan. Untuk wanita dengan listeriosis, antibiotik biasanya mencegah penularan bakteri ke janin. Wanita dengan HIV positif disarankan untuk minum obat antiretroviral selama kehamilan untuk menurunkan risiko bayinya tertular infeksi HIV.
  • Infeksi neonatal lainnya paling baik dicegah melalui langkah-langkah yang mencegah ibu hamil mengembangkan infeksi sejak awal.
BACA  Meningitis Neonatal (Bayi 0-30 Hari) : Penyebab dan Penanganannya

Wanita dapat membantu melindungi diri mereka sendiri dan bayinya yang belum lahir dengan:

• memastikan mereka telah diimunisasi terhadap rubella dan infeksi cacar air sebelum mencoba hamil
  • mencuci dan memasak makanan secara menyeluruh, mencuci tangan secara teratur (terutama sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersentuhan dengan cairan tubuh dan kotoran), dan menghindari semua kontak dengan kucing dan kotoran hewan lainnya untuk
  • menurunkan risiko tertular bakteri dan parasit yang menyebabkan infeksi seperti listeriosis dan toksoplasmosis
  • mempraktikkan seks aman untuk menghindari penyakit menular seksual (PMS) yang dapat berujung pada infeksi bawaan
  • Beberapa tindakan pencegahan adalah bagian rutin dari kehamilan dan persalinan. Banyak dokter menganjurkan agar ibu hamil melakukan tes usap sederhana di akhir kehamilan untuk memeriksa apakah dia mengidap SGB. Jika ya, dia akan menerima antibiotik intravena (IV) selama persalinan untuk
  • menurunkan risiko penularan bakteri ke bayinya. Dokter juga rutin mengoleskan tetes atau salep antibiotik pada mata bayi baru lahir untuk mencegah konjungtivitis akibat bakteri gonore.