Komplikasi Infeksi Neonatal atau Bayi Baru Lahir

Mengurangi mortalitas perinatal dan neonatal dan morbiditas di kemudian hari adalah salah satu tujuan utama dokter kandungan dan neonatologi. Di negara maju, prakarsa kesehatan masyarakat seperti vaksinasi masa kanak-kanak telah membantu mengurangi efek penyakit menular pada kematian janin dan neonatal serta morbiditas jangka panjang. Namun, penyakit menular di seluruh dunia masih berdampak besar pada wanita hamil, janin dan anak-anaknya. Memang, telah diperkirakan bahwa 30-40% kematian neonatal di seluruh dunia (dengan total 4 035.000 pada tahun 2001 menurut WHO) terkait dengan penyakit menular. Bahkan di negara maju, masih ada tantangan yang cukup besar bagi ahli kebidanan dan neonatologi dalam pengelolaan penyakit menular selama kehamilan dan pada bayi baru lahir. Mobilitas yang meningkat antar negara, penderitaan para pengungsi dan pencari suaka, HIV dan patogen yang resistan terhadap obat dapat menjadi tantangan khusus bagi para profesional perawatan kesehatan.

Penyebab bakteri penyakit sistemik dan multisistem mengikuti, bersama dengan bab spesifik rinci tentang peran bakteri spesifik (seperti klamidia, gonokokus, mikoplasma, tuberkulosis dan streptokokus grup B) pada infeksi janin dan neonatal dalam sistem tubuh.  Penyakit virus termasuk tentang HIV, hepatitis, parvovirus dan cytomegalovirus. Cacar dan vaksin juga mendapat perlindungan (meski lebih singkat). Infeksi lain berupa infeksi protozoa, cacing dan jamur, dengan bab-bab khusus tentang toksoplasmosis, kandidiasis, dan infeksi yang lebih jarang, seperti Pneumocystispneumonia, yang mungkin menjadi semakin penting dalam kaitannya dengan HIV dan AIDS. Epidemiologi infeksi yang didapat di rumah sakit di unit neonatal, pencegahan dan pengendaliannya; pengujian laboratorium pada dugaan sepsis neonatal dan satu bab yang berhubungan dengan farmakologi klinis antimikroba — baik pada kehamilan dan pada neonatus

Sebagian besar bayi baru lahir memasuki dunia dengan sehat. Namun terkadang, bayi mengalami kondisi yang memerlukan tes dan perawatan medis. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap penyakit tertentu, jauh lebih mudah daripada anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sistem kekebalan baru mereka tidak cukup berkembang untuk melawan bakteri, virus, dan parasit yang menyebabkan infeksi ini.

BACA  Gangguan Pernapasan Bayi : Gejala, Penyebab dan Penanganan

Akibatnya, saat bayi baru lahir sakit, mereka mungkin perlu menghabiskan waktu di rumah sakit atau bahkan unit perawatan intensif neonatal (NICU) untuk sehat kembali. Meskipun menakutkan melihat bayi Anda dirawat di rumah sakit, tinggal di rumah sakit seringkali merupakan cara terbaik untuk kembali sehat bagi bayi baru lahir yang sakit.

Tanda yang Harus Diperhatikan

Banyak infeksi menyebabkan gejala serupa. Hubungi dokter anak Anda atau cari perawatan medis darurat jika bayi baru Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi berikut ini:

• nafsu minum atau makan yang buruk
  • kesulitan bernapas
  • kelesuan, lemah atau lemas
  • penurunan atau peningkatan suhu
  • ruam kulit yang tidak biasa atau perubahan warna kulit
  • rewel atau menangis terus menerus
  • lekas marah yang tidak biasa
  • Perubahan yang mencolok pada perilaku bayi, seperti tiba-tiba tidur terus menerus atau tidak banyak tidur, juga bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Tanda-tanda ini menjadi perhatian yang lebih besar jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Untuk memastikan kesehatan yang baik, periksakan bayi Anda ke dokter segera jika Anda mencurigai ada masalah.

Komplikasi Infeksi Neonatal

• Infeksi neonatal yang tidak segera diobati atau yang menyebar dapat berakibat serius. Karena tubuh dan organ bayi mengalami perkembangan yang pesat, setiap gangguan dalam proses tersebut dapat menyebabkan komplikasi, termasuk masalah pertumbuhan, perkembangan, neurologis, jantung, pernapasan, dan sensorik. Dalam beberapa kasus yang parah, infeksi neonatal bahkan bisa berakibat fatal.
  • Dengan sistem kekebalan baru yang rapuh, bayi tidak diperlengkapi dengan baik untuk menghadapi infeksi. Bayi prematur atau bayi yang mengalami gangguan kekebalan memiliki risiko yang lebih besar untuk mengembangkan penyakit kritis dari bakteri atau virus yang mungkin menyebabkan penyakit sederhana pada anak yang lebih besar. Diagnosis dini, pengobatan cepat, dan pemantauan serta perawatan yang ketat memberi bayi kesempatan terbaik untuk mengatasi infeksi.