Infeksi Bawaan Pada Bayi Baru Lahir

Mengurangi mortalitas perinatal dan neonatal dan morbiditas di kemudian hari adalah salah satu tujuan utama dokter kandungan dan neonatologi. Di negara maju, prakarsa kesehatan masyarakat seperti vaksinasi masa kanak-kanak telah membantu mengurangi efek penyakit menular pada kematian janin dan neonatal serta morbiditas jangka panjang. Namun, penyakit menular di seluruh dunia masih berdampak besar pada wanita hamil, janin dan anak-anaknya. Memang, telah diperkirakan bahwa 30-40% kematian neonatal di seluruh dunia (dengan total 4 035.000 pada tahun 2001 menurut WHO) terkait dengan penyakit menular. Bahkan di negara maju, masih ada tantangan yang cukup besar bagi ahli kebidanan dan neonatologi dalam pengelolaan penyakit menular selama kehamilan dan pada bayi baru lahir. Mobilitas yang meningkat antar negara, penderitaan para pengungsi dan pencari suaka, HIV dan patogen yang resistan terhadap obat dapat menjadi tantangan khusus bagi para profesional perawatan kesehatan.

Penyebab bakteri penyakit sistemik dan multisistem mengikuti, bersama dengan bab spesifik rinci tentang peran bakteri spesifik (seperti klamidia, gonokokus, mikoplasma, tuberkulosis dan streptokokus grup B) pada infeksi janin dan neonatal dalam sistem tubuh.  Penyakit virus termasuk tentang HIV, hepatitis, parvovirus dan cytomegalovirus. Cacar dan vaksin juga mendapat perlindungan (meski lebih singkat). Infeksi lain berupa infeksi protozoa, cacing dan jamur, dengan bab-bab khusus tentang toksoplasmosis, kandidiasis, dan infeksi yang lebih jarang, seperti Pneumocystispneumonia, yang mungkin menjadi semakin penting dalam kaitannya dengan HIV dan AIDS. Epidemiologi infeksi yang didapat di rumah sakit di unit neonatal, pencegahan dan pengendaliannya; pengujian laboratorium pada dugaan sepsis neonatal dan satu bab yang berhubungan dengan farmakologi klinis antimikroba — baik pada kehamilan dan pada neonatus

Sebagian besar bayi baru lahir memasuki dunia dengan sehat. Namun terkadang, bayi mengalami kondisi yang memerlukan tes dan perawatan medis. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap penyakit tertentu, jauh lebih mudah daripada anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sistem kekebalan baru mereka tidak cukup berkembang untuk melawan bakteri, virus, dan parasit yang menyebabkan infeksi ini.

BACA  MENGAPA SUSU FORMULA BAYI TIDAK COCOK ? Inilah Reaksi dan gejalanya.

Akibatnya, saat bayi baru lahir sakit, mereka mungkin perlu menghabiskan waktu di rumah sakit – atau bahkan unit perawatan intensif neonatal (NICU) – untuk pulih. Meskipun menakutkan melihat bayi Anda dirawat di rumah sakit, tinggal di rumah sakit seringkali merupakan cara terbaik untuk kembali sehat bagi bayi baru lahir yang sakit.

Tanda yang Harus Diperhatikan

Banyak infeksi menyebabkan gejala serupa. Hubungi dokter anak Anda atau cari perawatan medis darurat jika bayi baru Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi berikut ini:

• nafsu minum atau makan yang buruk
  • kesulitan bernapas
  • kelesuan, lemah atau lemas
  • penurunan atau peningkatan suhu
  • ruam kulit yang tidak biasa atau perubahan warna kulit
  • rewel atau menangis terus menerus
  • lekas marah yang tidak biasa
  • Perubahan yang mencolok pada perilaku bayi, seperti tiba-tiba tidur terus menerus atau tidak banyak tidur, juga bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Tanda-tanda ini menjadi perhatian yang lebih besar jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Untuk memastikan kesehatan yang baik, periksakan bayi Anda ke dokter segera jika Anda mencurigai ada masalah.

Infeksi Bawaan Pada Bayi Baru Lahir

• Banyak infeksi yang mempengaruhi bayi baru lahir ditularkan dari ibu ke bayi, baik selama kehamilan atau persalinan. Karena bayi lahir bersama mereka, mereka dikenal sebagai infeksi bawaan. Mereka paling sering disebabkan oleh virus dan parasit.
  • Infeksi bawaan meliputi: HIV (yang menyebabkan AIDS); rubella (campak Jerman); cacar air; sipilis; herpes; toksoplasmosis; dan cytomegalovirus (CMV), infeksi kongenital tersering dan penyebab utama gangguan pendengaran kongenital. Beberapa dari infeksi ini, seperti infeksi SGB dan listeriosis, dapat diperoleh dari ibu atau kemudian dari lingkungan bayi baru lahir.
  • Bayi akan lebih mungkin dilahirkan dengan infeksi jika ibunya terinfeksi untuk pertama kali dengan kuman tertentu saat hamil. Namun, penularan ke bayi tidak selalu terjadi, sehingga banyak bayi yang lahir dari ibu dengan infeksi ini tidak mengalami infeksi sendiri. Bayi baru lahir lainnya mungkin awalnya tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, tetapi kemudian dapat menunjukkan efeknya.
  • Risiko yang ditimbulkan infeksi ini pada bayi sering kali bergantung pada saat ibu terpapar kuman. Dengan banyak infeksi, seperti rubella dan toksoplasmosis, risikonya paling besar terjadi pada trimester pertama. Jika ibu terinfeksi maka dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, kerusakan otak, tuli, gangguan penglihatan, atau bahkan keguguran. Infeksi di kemudian hari dalam kehamilan dapat menyebabkan efek yang tidak terlalu parah pada janin tetapi masih dapat menyebabkan masalah pada pertumbuhan atau perkembangan bayi.
  • Beberapa tanda awal infeksi bawaan yang mungkin terjadi antara lain: kepala besar atau kecil, ukuran tubuh kecil, kejang, masalah pada mata, ruam kulit, penyakit kuning, organ perut yang membesar, dan bising jantung.
BACA  Komplikasi Infeksi Neonatal atau Bayi Baru Lahir

Diagnosis dan Penanganan

• Jika dicurigai adanya infeksi bawaan, dokter akan melakukan tes darah dan kultur darah dan cairan lain dari bayi, dan terkadang dari ibu, untuk mencoba membuat diagnosis.
  • Perawatan sering kali termasuk obat antiviral atau antibiotik yang digunakan untuk mengobati penyakit pada pasien yang lebih tua, serta perawatan suportif intensif selama bayi berada di rumah sakit. Infeksi kongenital juga memerlukan tindak lanjut medis yang cermat untuk mengamati efek penyakit yang mungkin berkembang saat bayi tumbuh.