Hipotiroidisme Bawaan atau Hipotiroidisme Kongenital Pada bayi : Gejala dan Penanganannya

Hipotiroidisme adalah kondisi di mana tiroid kurang aktif dan menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang tidak mencukupi. Hipotiroidisme adalah kelainan tiroid yang paling umum. Namun, anak-anak dengan gangguan tersebut menunjukkan gejala yang berbeda dari orang dewasa. Hipotiroidisme pada bayi baru lahir, jika tidak ditangani, dapat menyebabkan retardasi mental.

hipotiroidisme bawaan

Hipotiroidisme kongenital (CH) berarti kelainan tersebut hadir saat lahir. CH adalah salah satu penyebab retardasi mental yang paling dapat dicegah. Anak-anak di Amerika Serikat diuji untuk gangguan tersebut selama skrining bayi baru lahir standar mereka. Skrining bayi baru lahir dilakukan dalam program kesehatan masyarakat negara bagian untuk mendeteksi penyakit genetik tertentu yang diagnosis dan pengobatan dini tersedia. Kira-kira satu dari setiap 6.000 sampai 7.000 bayi baru lahir didiagnosis dengan CH segera setelah lahir setiap tahun.

Kebanyakan anak yang lahir dengan CH tampak normal saat lahir, kemungkinan karena hormon tiroid ibu telah menopang fungsi tiroid normal bayi di dalam rahim. Namun, tanda penting bahwa bayi mungkin mengalami hipotiroidisme adalah rendahnya T4 (tiroksin, hormon yang disekresikan oleh kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme) dan tingginya TSH (hormon perangsang tiroid, hormon yang membantu meningkatkan ukuran, jumlah dan aktivitas). sel tiroid; merangsang pelepasan hormon yang mempengaruhi metabolisme seseorang dan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal) tingkat (lebih dari 40 mU / L). Namun, peneliti telah menemukan bahwa beberapa bayi dengan CH akan memiliki kadar T4 yang rendah, tetapi kadar TSH normal.

penyebab

Penyebab paling umum dari hipotiroidisme adalah reaksi autoimun tubuh terhadap dirinya sendiri, menghasilkan antibodi yang melawan kelenjar tiroid. Perawatan gangguan tiroid ibu (seperti yodium) atau antibodi antitiroid ibu dapat memengaruhi fungsi tiroid anaknya yang belum lahir.

BACA  Bagaimana Mengetahui bayi mendapat cukup ASI?

Tanda dan gejala

Gejala hipotiroidisme pada anak-anak berbeda dengan pada orang dewasa. Berikut ini adalah gejala akhir dari gangguan tersebut. Namun, setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda dan seringkali gejala tersebut tidak terlihat sama sekali. Inilah sebabnya mengapa semua bayi harus diskrining terhadap tiroid rendah.

Gejala

• Gejala lanjut pada bayi baru lahir (hipotiroidisme neonatal):
    Penyakit kuning (kulit, mata, dan selaput lendir menguning)
    Tangisan parau
    Nafsu makan buruk
    Hernia umbilical (pusar menonjol keluar)
    Sembelit
    Pertumbuhan tulang lambat

Diagnosis

• Hipotiroidisme kongenital biasanya terdeteksi selama skrining bayi baru lahir rutin. Sampel darah yang diambil akan menunjukkan tingkat abnormal T4 (hormon tiroid yang mengatur metabolisme) dan hormon perangsang tiroid atau TSH (hormon yang membantu meningkatkan ukuran, jumlah dan aktivitas sel tiroid; merangsang pelepasan hormon yang mempengaruhi metabolisme seseorang dan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal), yang mungkin mengindikasikan masalah tiroid.
  • Diagnosis lebih lanjut mungkin termasuk pemindaian kelenjar tiroid untuk memeriksa kelainan.

Pengobatan

Perawatan khusus untuk hipotiroidisme akan ditentukan oleh dokter anak Anda berdasarkan:

• Usia anak Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan riwayat medis
  • Luasnya penyakit
  • Toleransi anak Anda terhadap pengobatan, prosedur, atau terapi tertentu
  • Prognosis perjalanan penyakit
  • Opini atau preferensi
  • Jika tidak diobati pada bayi baru lahir, hipotiroidisme dapat menyebabkan keterbelakangan mental. Hipotiroidisme yang tidak diobati juga dapat menyebabkan anemia, suhu tubuh rendah, dan gagal jantung. Tujuan pengobatan adalah mengembalikan kelenjar tiroid ke fungsi normal, menghasilkan tingkat hormon tiroid yang normal.
  • Perawatan mungkin termasuk resep hormon tiroid untuk menggantikan hormon yang kekurangan. Beberapa anak akan memerlukan terapi penggantian hormon selama sisa hidup mereka, sementara yang lain tampaknya mengatasi gangguan tersebut, seringkali pada usia 3 tahun. Pemantauan rutin terhadap kadar hormon tiroid anak selama pengobatan, termasuk penghentian pengobatan selama 30 hari. pengobatan untuk melihat bagaimana tiroid merespons, dapat membantu dokter anak Anda mendiagnosis kondisi anak Anda dengan lebih akurat.
BACA  Anemia Fisiologis Neonatus