Gangguan Pernapasan Bayi : Gejala, Penyebab dan Penanganan

Paru-paru adalah beberapa organ terakhir yang berkembang dalam tubuh bayi Anda selama tahap prenatal. Beberapa bagian penting dari paru-paru mereka tidak berkembang hingga akhir kehamilan. Ada banyak jenis gangguan pernapasan yang terkait dengan perkembangan paru-paru. Mereka biasanya terjadi saat bayi lahir, sebelum paru-paru mereka sempat berkembang sempurna.

Surfaktan adalah zat yang membantu mengurangi tegangan permukaan di paru-paru mereka. Itu tidak berkembang sampai bulan kedelapan atau kesembilan kehamilan. Jika bayi Anda lahir prematur, paru-parunya mungkin tidak punya waktu untuk berkembang sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pernapasan.

Gejala gangguan pernapasan bayi

Jika bayi Anda mengalami gangguan pernapasan, mereka mungkin mengalami gejala segera setelah lahir atau beberapa hari kemudian. Gejalanya bisa meliputi:

• tidak adanya pernapasan
  • pernapasan dangkal
  • pernapasan tidak teratur
  • pernapasan cepat
  • dengkur
  • suar hidung
  • retraksi, yang terjadi saat bayi menarik otot dada atau perutnya ke dalam setiap kali bernapas

Penyebab gangguan pernapasan bayi

• Prematuritas merupakan penyebab utama gangguan pernapasan terkait perkembangan paru-paru. Jika paru-paru bayi Anda belum berkembang sepenuhnya saat mereka lahir, mereka mungkin mengalami masalah pernapasan.
  • Cacat bawaan yang memengaruhi perkembangan paru-paru atau saluran napasnya juga dapat menyebabkan masalah pernapasan.

4 Jenis gangguan pernapasan bayi

Ada banyak jenis gangguan pernapasan yang terkait dengan perkembangan paru-paru. Mereka biasanya terjadi saat bayi lahir, sebelum paru-paru mereka sempat berkembang sempurna. Jenis gangguan pernapasan berikut dapat terjadi:

1. Radang paru-paru Jika bayi Anda lahir prematur, dan paru-parunya belum berkembang sepenuhnya, mereka berisiko tinggi terkena pneumonia. Bayi prematur memiliki sistem kekebalan yang kurang berkembang dan karena itu lebih rentan terhadap infeksi. Mereka juga mungkin menggunakan ventilator dan menghabiskan waktu di NICU yang meningkatkan risiko infeksi.
  2. Aspirasi Mekonium Mekonium adalah tinja paling awal yang diproduksi bayi Anda, terkadang di dalam rahim. Mereka mungkin menghirup mekonium segera setelah lahir. Ini disebut “aspirasi”. Ini dapat menyebabkan infeksi di paru-paru atau radang paru-paru mereka. Pneumonia dapat terjadi karena infeksi atau aspirasi mekonium. Aspirasi mekonium lebih sering terjadi pada bayi cukup bulan atau setelah cukup bulan, daripada bayi prematur.
  3. Sindrom gangguan pernapasan Jika bayi Anda lahir prematur, kemampuannya membuat surfaktan mungkin belum berkembang sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kantung kecil di paru-paru mereka kolaps, sehingga mereka sulit bernapas. Kondisi ini disebut sindrom gangguan pernapasan. Ini paling sering terjadi pada bayi baru lahir, terutama yang lahir enam minggu sebelum waktunya atau lebih.
  4. Displasia bronkopulmonalis Bayi yang lahir lebih dari 10 minggu lebih awal memiliki risiko terbesar terkena displasia bronkopulmonalis. Kondisi ini dapat terjadi karena terapi yang diterima bayi Anda jika mereka memiliki perkembangan paru-paru yang prematur. Jika bayi Anda lahir sedini ini, mereka mungkin perlu menerima oksigen dan bantuan pernapasan dari ventilator mekanis. Perawatan ini menyelamatkan nyawa. Namun, itu juga bisa melukai paru-paru bayi Anda yang rapuh. Ini bisa membuat mereka semakin sulit bernapas.
BACA  Kenali Gejala dan Penyebab Gangguan Pernapasan Pada Bayi

Faktor risiko gangguan pernapasan bayi

• Bayi Anda berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pernapasan jika ia lahir sebelum paru-parunya memiliki waktu untuk matang sepenuhnya. Semakin dini bayi Anda lahir, semakin besar risiko mereka mengalami masalah pernapasan.

Diagnosis

Dokter bayi Anda mungkin mendiagnosis mereka dengan gangguan pernapasan, berdasarkan tanda dan gejala yang dapat diamati. Beberapa tes diagnostik juga dapat membantu mereka mengetahui apakah bayi Anda mengalami gangguan pernapasan. Misalnya, mereka mungkin memesan:

• rontgen paru-paru bayi Anda
  • oksimetri nadi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah bayi Anda
    tes gas darah arteri untuk mengukur kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah bayi Anda, serta keasaman darahnya

Penanganan

Rencana perawatan bayi Anda akan bergantung pada kondisi spesifik mereka dan tingkat keparahan gejalanya. Dokter mereka mungkin meresepkan obat-obatan, terapi oksigen, atau ventilasi mekanis.

Pengobatan
Pengobatan untuk gangguan pernapasan bayi meliputi:

• Obat pernapasan, seperti bronkodilator, dapat membantu membuka saluran udara bayi Anda agar lebih mudah bernapas.
  • Surfaktan buatan dapat mencegah kantung udara kecil di paru-paru mereka runtuh.
  • Diuretik dapat menghilangkan kelebihan cairan di paru-paru mereka.
    Kafein adalah pengobatan umum untuk apnea berulang pada bayi yang lahir prematur.
  • Terapi oksigen Masalah pernapasan dapat membuat bayi Anda tidak mendapatkan cukup oksigen ke paru-parunya. Mereka mungkin membutuhkan terapi oksigen.
  • Ventilasi mekanis  Jika bayi Anda tidak dapat bernapas sendiri karena masalah paru-paru, mereka mungkin memerlukan bantuan dari mesin yang disebut ventilator.
  • Jika masalah pernapasan bayi Anda disebabkan oleh cacat bawaan, mereka mungkin memerlukan pembedahan untuk mengatasi masalah tersebut. Dokter bayi Anda mungkin juga merekomendasikan perawatan di rumah, yang mungkin melibatkan pemberian oksigen lanjutan dan terapi pernapasan.
BACA  Berbagai Jenis Susu Formula Bayi dan Cara Pemilihannya

Prognosis
Pandangan bayi Anda akan bergantung pada beberapa faktor, seperti:

• usia kehamilan mereka
  • jenis gangguan pernapasan yang mereka miliki
  • tingkat keparahan gejala mereka
  • Jika dokter bayi Anda mendiagnosis mereka dengan masalah pernapasan, tanyakan informasi lebih lanjut tentang kondisi spesifik, pilihan pengobatan, dan pandangan mereka.

Pencegahan

Tidak selalu mungkin mencegah bayi Anda mengalami gangguan pernapasan. Menghindari persalinan prematur akan menurunkan risiko terjadinya masalah pernapasan.

Jika Anda hamil, Anda dapat mengurangi risiko persalinan prematur dengan mengikuti kiat-kiat berikut untuk kehamilan yang sehat:

• Bicaralah dengan dokter Anda lebih awal untuk memastikan Anda mendapatkan perawatan prenatal yang baik.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Hindari tembakau.
  • Hindari penggunaan kokain.
  • Hindari alkohol.