Erythema toxicum : Gejala dan Penanganannya

Erythema toxicum : Gejala dan Penangannya

Erythema toxicum neonatorum adalah ruam yang umum terjadi pada neonatus.  Hal ini muncul pada hampir setengah dari bayi baru lahir sampai cukup bulan, biasanya antara hari ke 2-5 setelah lahir; itu tidak terjadi di luar periode neonatal. Erythema toxicum ditandai dengan bintik-bintik merah pada kulit dengan papula atau pustula putih atau kuning di atasnya. Lesi ini mungkin sedikit atau banyak. Letusan biasanya sembuh dalam dua minggu pertama kehidupan dan seringkali lesi individu akan muncul dan menghilang dalam beberapa menit atau jam. Ini adalah kondisi jinak yang dianggap tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi

Kondisi jinak yang memengaruhi sebagian besar bayi baru lahir di hari dan minggu pertama kehidupan. Tanda-tanda khas dari kondisi ini adalah papula kekuningan yang dikelilingi oleh kulit merah di wajah dan batang tubuh, lengan atas dan paha. Ruam terdiri dari lesi papular kecil, masing-masing pada dasar memerah yang terpisah.

Erythema toxicum neonatorum  juga dikenal sebagai ruam bayi baru lahir, adalah ruam kulit umum yang menyerang banyak bayi baru lahir. Ini memengaruhi 30 hingga 70 persen Sumber Tepercaya bayi yang baru lahir. Ruam ini umumnya muncul di wajah atau bagian tengah tubuh bayi, tetapi bisa juga muncul di lengan atau paha bayi. Gangguan ini ditandai dengan benjolan berwarna kuning ke putih yang dikelilingi oleh kulit merah dan terlihat mirip dengan sekelompok fleabite.

Erythema toxicum neonatorum biasanya terjadi dalam tiga hingga 14 hari setelah lahir, meskipun dapat muncul dalam beberapa jam setelah lahir. Erythema toxicum neonatorum bukanlah alasan untuk khawatir. Kondisi ini hilang tanpa pengobatan dan tidak berbahaya.

• Penyebab eritema toksik dianggap sebagai aktivasi sistem kekebalan.
  • Beberapa neonatus lebih sensitif dari yang lain dan mengembangkan bintik eritematosa di seluruh tubuh. Teori lain adalah hipersensitivitas terhadap deterjen di seprai dan pakaian kadang-kadang dicurigai, tetapi hubungannya tetap tidak terbukti. Ini dianggap sebagai kondisi jinak yang tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. Ruam biasanya akan hilang secara spontan dalam waktu sekitar 2 minggu.
BACA  VIDEO YOUTUBE PILIHAN : DERMATITIS, ALERGI KULIT DAN ALERGI MAKANAN PADA BAYI

Gejala

• Ruam terdiri dari lesi papular kecil, masing-masing pada dasar memerah yang terpisah.
  • Gangguan ini ditandai dengan benjolan berwarna kuning ke putih yang dikelilingi oleh kulit merah dan terlihat mirip dengan sekelompok fleabite.
  • Erythema toxicum neonatorum menyebabkan ruam merah, di mana papula atau benjolan putih atau kekuningan kecil terlihat. Papula tidak bersifat kanker, atau jinak. Bayi Anda mungkin memiliki banyak papula di kulitnya atau hanya sedikit. Mereka kuat saat disentuh, dan mungkin mengeluarkan cairan yang menyerupai nanah.
  • Jika bayi Anda menderita Erythema toxicum neonatorum, mungkin akan muncul di bagian tengah tubuh atau wajahnya. Itu juga bisa muncul di lengan atas dan kaki mereka.
  • Gejala Erythema toxicum neonatorum dapat berpindah-pindah di tubuh mereka. Misalnya, itu mungkin muncul di wajah mereka suatu hari dan paha mereka pada hari berikutnya. Itu juga bisa pergi dari bagian tubuh dan kembali. Kondisi tersebut tidak menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman.

Diagnosa

• Meskipun biasanya diagnosis langsung pada saat munculnya dapat menimbulkan kekhawatiran bahwa ruam mungkin disebabkan oleh herpes simpleks; Namun, yang terakhir umumnya memiliki penampilan yang lebih bergerombol dan vesikuler.
  • Dalam kasus yang tidak pasti, gesekan lesi dapat diambil dan cairannya diperiksa di bawah mikroskop. Lesi herpes akan memiliki tes antibodi fluoresen langsung yang positif. Cairan dari lesi eritema toksik akan menunjukkan banyak eosinofil. Jika sampel darah diambil, mereka mungkin menunjukkan tingkat eosinofil yang tinggi dalam sirkulasi; namun, ini biasanya tidak diperlukan.
  • Diagnosis banding mungkin termasuk virus herpes simplex, impetigo, sepsis neonatal, infeksi Listeria dan infeksi Varicella (cacar air). Penyakit kulit neonatal penting lainnya, sindrom kulit melepuh stafilokokus, dapat dibedakan dengan fakta bahwa penyakit ini secara klasik terjadi dalam 24 jam pertama setelah lahir (bukan 2-5 hari setelah) dan disertai dengan gambaran klinis yang jauh lebih parah.
BACA  Perawatan Kulit Pada Bayi

Pengobatan

• Karena gangguan bersifat sementara dan sembuh sendiri, tidak ada pengobatan yang diindikasikan.
  • Biasanya tidak diperlukan perawatan. Ruam akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.
  • Jika bayi Anda memiliki tanda-tanda eritema toksik, pemeriksaan dapat memastikan diagnosis dan memberikan kepastian.