7 Penyakit Infeksi Pada Bayi Baru Lahir

Mengurangi mortalitas perinatal dan neonatal dan morbiditas di kemudian hari adalah salah satu tujuan utama dokter kandungan dan neonatologi. Di negara maju, prakarsa kesehatan masyarakat seperti vaksinasi masa kanak-kanak telah membantu mengurangi efek penyakit menular pada kematian janin dan neonatal serta morbiditas jangka panjang. Namun, penyakit menular di seluruh dunia masih berdampak besar pada wanita hamil, janin dan anak-anaknya. Memang, telah diperkirakan bahwa 30-40% kematian neonatal di seluruh dunia (dengan total 4 035.000 pada tahun 2001 menurut WHO) terkait dengan penyakit menular. Bahkan di negara maju, masih ada tantangan yang cukup besar bagi ahli kebidanan dan neonatologi dalam pengelolaan penyakit menular selama kehamilan dan pada bayi baru lahir. Mobilitas yang meningkat antar negara, penderitaan para pengungsi dan pencari suaka, HIV dan patogen yang resistan terhadap obat dapat menjadi tantangan khusus bagi para profesional perawatan kesehatan.

Penyebab bakteri penyakit sistemik dan multisistem mengikuti, bersama dengan bab spesifik rinci tentang peran bakteri spesifik (seperti klamidia, gonokokus, mikoplasma, tuberkulosis dan streptokokus grup B) pada infeksi janin dan neonatal dalam sistem tubuh.  Penyakit virus termasuk tentang HIV, hepatitis, parvovirus dan cytomegalovirus. Cacar dan vaksin juga mendapat perlindungan (meski lebih singkat). Infeksi lain berupa infeksi protozoa, cacing dan jamur, dengan bab-bab khusus tentang toksoplasmosis, kandidiasis, dan infeksi yang lebih jarang, seperti Pneumocystispneumonia, yang mungkin menjadi semakin penting dalam kaitannya dengan HIV dan AIDS. Epidemiologi infeksi yang didapat di rumah sakit di unit neonatal, pencegahan dan pengendaliannya; pengujian laboratorium pada dugaan sepsis neonatal dan satu bab yang berhubungan dengan farmakologi klinis antimikroba — baik pada kehamilan dan pada neonatus

Sebagian besar bayi baru lahir memasuki dunia dengan sehat. Namun terkadang, bayi mengalami kondisi yang memerlukan tes dan perawatan medis. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap penyakit tertentu, jauh lebih mudah daripada anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sistem kekebalan baru mereka tidak cukup berkembang untuk melawan bakteri, virus, dan parasit yang menyebabkan infeksi ini.

Akibatnya, saat bayi baru lahir sakit, mereka mungkin perlu menghabiskan waktu di rumah sakit – atau bahkan unit perawatan intensif neonatal (NICU) – untuk pulih. Meskipun menakutkan melihat bayi Anda dirawat di rumah sakit, tinggal di rumah sakit seringkali merupakan cara terbaik untuk kembali sehat bagi bayi baru lahir yang sakit.

Tanda yang Harus Diperhatikan

Banyak infeksi menyebabkan gejala serupa. Hubungi dokter anak Anda atau cari perawatan medis darurat jika bayi baru Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi berikut ini:

• nafsu minum atau makan yang buruk
  • kesulitan bernapas
  • kelesuan, lemah atau lemas
  • penurunan atau peningkatan suhu
  • ruam kulit yang tidak biasa atau perubahan warna kulit
  • rewel atau menangis terus menerus
  • lekas marah yang tidak biasa
  • Perubahan yang mencolok pada perilaku bayi, seperti tiba-tiba tidur terus menerus atau tidak banyak tidur, juga bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
BACA  MENGAPA SUSU FORMULA BAYI TIDAK COCOK ? Inilah Reaksi dan gejalanya.

Tanda-tanda ini menjadi perhatian yang lebih besar jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Untuk memastikan kesehatan yang baik, periksakan bayi Anda ke dokter segera jika Anda mencurigai ada masalah.

7 Penyakit Infeksi Pada Bayi Baru Lahir

1. Penyakit Streptokokus Grup B (GBS)
    • Streptokokus grup B adalah jenis bakteri umum yang dapat menyebabkan berbagai infeksi pada bayi baru lahir. Beberapa yang paling umum adalah sepsis, pneumonia, dan meningitis. Bayi biasanya mendapatkan bakteri dari ibunya saat lahir – banyak wanita hamil membawa bakteri ini ke dalam rektum atau vagina, di mana mereka dapat dengan mudah menularkan ke bayi baru lahir jika ibunya belum diobati dengan antibiotik.
    • Bayi dengan GBS sering menunjukkan gejala infeksi dalam minggu pertama kehidupan, meskipun beberapa mengalami gejala beberapa minggu atau bulan kemudian. Bergantung pada infeksinya (pneumonia atau sepsis, misalnya), gejalanya mungkin termasuk kesulitan bernapas atau makan, suhu tinggi, lesu, atau mudah tersinggung.
    • Diagnosis : Untuk mendiagnosis GBS, dokter melakukan tes darah dan mengambil kultur darah, urin, dan, jika perlu, cairan serebrospinal untuk mencari bakteri. Dokter menggunakan jarum untuk mengambil sampel darah dan jarum tulang belakang untuk melakukan pungsi lumbal untuk cairan serebrospinal. Urin biasanya diperoleh dengan kateter yang dimasukkan ke dalam uretra. Infeksi yang disebabkan oleh GBS diobati dengan antibiotik, serta perawatan dan pemantauan yang cermat di rumah sakit.
  2. Listeriosis
    • Infeksi bakteri Listeria monocytogenes dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia, sepsis, dan meningitis pada bayi baru lahir.
    • Kebanyakan orang menemukan bakteri dengan makan makanan yang terkontaminasi karena bakteri ditemukan di tanah dan air dan dapat berakhir pada buah-buahan dan sayuran, serta pada makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan produk susu. Makanan yang tidak dibersihkan, dipasteurisasi, atau dimasak dengan benar dapat menyebabkan listeriosis seseorang.
    • Bayi dapat memperoleh bakteri dari ibunya jika ibunya tertular listeriosis saat hamil. Dalam kasus yang parah, listeriosis dapat menyebabkan persalinan prematur atau bahkan lahir mati. Bayi yang lahir dengan listeriosis mungkin menunjukkan tanda-tanda infeksi yang mirip dengan GBS.
    • Diagnosis : diagnosis dan merawatnya.Kultur darah atau cairan tulang belakang dapat mengungkap keberadaan bakteri, dan bayi yang terinfeksi akan dirawat dengan antibiotik di rumah sakit.
  3. Infeksi E. Coli
    • Escherichia coli (E. coli) adalah penyebab bakteri lain di balik beberapa infeksi neonatal yang umum, dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, sepsis, meningitis, dan pneumonia.
    • Setiap orang membawa E. coli dalam tubuhnya, dan bayi dapat terinfeksi saat melahirkan, saat mereka melewati jalan lahir, atau bersentuhan dengan bakteri di rumah sakit atau di rumah. Kebanyakan bayi baru lahir yang sakit akibat infeksi E. coli memiliki sistem kekebalan yang sangat rapuh yang membuat mereka sangat rentan sakit.
    • Seperti infeksi bakteri lainnya, gejalanya akan bergantung pada jenis infeksi yang berkembang dari E. coli, tetapi demam, kerewelan yang tidak biasa, lesu, atau kurang tertarik untuk makan sering terjadi.
    • Diagnosis: cara mendiagnosis dan merawatnya. Dokter mendiagnosis infeksi E. coli dengan membiakkan darah, urin, atau cairan serebrospinal dan mengobati infeksi dengan antibiotik.
  4. Meningitis
    • Meningitis adalah peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Ini dapat disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri, termasuk Listeria, GBS, dan E. coli. Bayi baru lahir dapat tertular salah satu patogen ini selama kelahiran atau dari lingkungannya, terutama jika mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah yang membuat mereka lebih rentan.
    • Gejala infeksi pada bayi baru lahir tidak terlalu spesifik dan mungkin termasuk menangis terus-menerus, mudah tersinggung, tidur lebih dari biasanya, lesu, menolak untuk menyusu atau menggunakan botol, suhu tubuh rendah atau tidak stabil, sakit kuning, pucat, masalah pernapasan, ruam, muntah, atau diare. Saat penyakit berkembang, ubun-ubun bayi, atau titik lunak, mungkin mulai membengkak.
    • Diagnosis : cara mendiagnosis dan merawatnya? Meningitis, terutama meningitis bakterial, adalah infeksi serius pada bayi baru lahir. Jika dicurigai, dokter akan melakukan pungsi lumbal (juga dikenal sebagai spinal tap), memasukkan jarum ke tulang belakang untuk mengambil sampel cairan serebrospinal.
    • Pengobatan meningitis tergantung pada penyebabnya. Bayi dengan meningitis bakteri dan jamur menerima antibiotik, sedangkan meningitis virus dapat diobati dengan obat antivirus. Semua bayi dengan meningitis biasanya menghabiskan waktu di rumah sakit untuk pemantauan dan perawatan suportif intensif.
  5. Sepsis
    • Sepsis adalah infeksi serius yang melibatkan penyebaran kuman ke seluruh darah dan jaringan tubuh. Ini bisa disebabkan oleh virus, jamur, parasit, atau bakteri. Beberapa dari agen infeksius ini didapat selama kelahiran, sementara yang lain diambil dari lingkungan. Seperti meningitis, gejala sepsis tidak spesifik dan bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Denyut jantung yang lebih rendah, masalah pernapasan, penyakit kuning, kesulitan makan, suhu tubuh yang rendah atau tidak stabil, kelesuan, atau kerewelan yang ekstrem semuanya bisa menjadi tanda-tanda infeksi.
    • Diagnosis : cara mendiagnosis dan merawatnya. Untuk mendiagnosis atau menyingkirkan sepsis, dokter mengambil darah dan lain-lain
  6. Konjungtivitis
    • Beberapa bayi baru lahir mengalami peradangan pada selaput penutup mata (atau konjungtiva), yang dikenal sebagai konjungtivitis atau mata merah, yang muncul sebagai kemerahan dan bengkak di mata, biasanya disertai dengan keluarnya cairan. Infeksi bakteri dan virus dapat menyebabkan konjungtivitis pada bayi baru lahir.
    • Diagnosis: cara mendiagnosis dan merawatnya. Pemeriksaan fisik menyeluruh dan tes laboratorium pada sampel cairan dari mata akan membantu dokter menentukan penyebab infeksi. Antibiotik, tetes mata, atau salep dapat digunakan untuk mengobati konjungtivitis pada bayi baru lahir. Infeksinya bisa sangat menular, jadi dokter mungkin juga menyarankan agar anak-anak lain dalam keluarga membatasi kontak dengan bayi. Jika diduga ada jenis konjungtivitis yang lebih serius, rawat inap mungkin diperlukan.
  7. Kandidiasis
    • Pertumbuhan berlebih dari jamur candida umum, ditemukan di tubuh semua orang, menyebabkan kandidiasis infeksi jamur. Pada bayi baru lahir, biasanya muncul sebagai ruam popok, tetapi bayi juga dapat mengalami sariawan di mulut dan tenggorokan. Ini menyebabkan retakan di sudut mulut dan bercak putih di lidah, langit-langit, bibir, dan bagian dalam pipi. Bayi baru lahir yang terserang sariawan sering kali terkena jamur dari vagina ibunya saat melahirkan atau saat menyusui.
    • Diagnosis: cara mendiagnosis dan merawatnya? Kadang-kadang dokter akan mengambil kapas dari salah satu tambalan di mulut dan memeriksanya untuk mencari tanda-tanda jamur. Dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak diperlukan dan pengobatan dimulai berdasarkan munculnya lesi mulut saja. Sariawan bisa diobati dengan obat antijamur cair.
BACA  Bagaimana Mengetahui bayi mendapat cukup ASI?