Pencegahan alergi susu sapi

Alergi susu sapi adalah diagnosis umum pada bayi dan anak-anak. Hingga saat ini diagnosis berlebihan banyak diberikan klinisi dalam banyak kasus padahal bayi belum terbukti benar Alergi Susu Sapi. Ttapi juga sebaliknya kurang terdiagnosis di banyak kasus lainnya. Banyak ahli perawatan kesehatan dan orang tua sama-sama bingung, antara alergi susu sapi, alergi makanan atau malabsorpsi laktosa. Banyak kasus dalam praktek klinis sehari hari saat banyak kasus bayi didiagnosis alergi susu sapi ternyata setelah dilakukan eliminasi provokasi makanan terbuka dinyatakan tidak mengidap alergi susu sapi

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics pada bulan April 2020 menimbulkan kekhawatiran bahwa mungkin ada diagnosis berlebih yang signifikan dari alergi susu sapi pada bayi dan anak kecil, yang berasal dari penggunaan rekomendasi medis saat ini.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Imperial College London dan Universitas Sechenov di Moskow. Mereka memeriksa pedoman resmi yang dikeluarkan oleh sembilan organisasi berbeda untuk mendiagnosis alergi susu sapi, antara tahun 2012 dan 2109. Rekomendasi ini datang dari beberapa negara, kebanyakan di Eropa.

Diet eliminasi yang tidak tepat telah diterapkan pada wanita hamil dan menyusui serta bayinya untuk mencegah alergi tanpa bukti ilmiah yang membuktikan kemanjurannya. Bahkan jika diindikasikan dengan baik pada bayi dan anak-anak yang didiagnosis dengan alergi, jenis produk diet yang harus dihilangkan dan durasi eliminasi tersebut tidak selalu logis.

Pencegahan alergi susu sapi

Dapat dihipotesiskan bahwa menghindari alergen selama beberapa bulan pertama kehidupan, masa ketidakmatangan kekebalan, dapat bermanfaat dalam pencegahan alergi. Namun, bukti menunjukkan sebaliknya.

Diet selama kehamilan atau menyusui

• Data yang tersedia tidak mendukung penghindaran antigen susu sapi, dan oleh karena itu, penghindaran alergen spesifik tidak dianjurkan selama kehamilan. Masih diselidiki apakah rekomendasi itu juga berlaku untuk kacang tanah. Dampak negatif dari pembatasan diet terhadap nutrisi wanita hamil dan janinnya juga perlu dipertimbangkan saat menghilangkan nutrisi yang ada di mana-mana.
BACA  Alergi Susu Sapi, Gejala dan Cara Diagnosisnya

Menyusui

• Mekanisme pemberian ASI eksklusif dapat membantu dalam pencegahan penyakit alergi adalah pasif dan aktif: pasif, dengan mengurangi paparan antigen eksogen, dan aktif, dengan menyediakan zat yang ada dalam ASI yang mampu melindungi bayi dari infeksi, mendorong pematangan mukosa gastrointestinal, mempromosikan perkembangan mikrobiota usus yang sehat, dan memberikan manfaat imunomodulator dan anti-inflamasi
  • Meskipun gagasan bahwa ASI efektif untuk pencegahan alergi sangat logis, bukti ilmiah yang menunjukkan efek menguntungkan tersebut tidak selalu mendukung.
  • Banyak faktor yang berperan dalam mempersulit demonstrasi tersebut, yang mencerminkan berbagai masalah metodologis yang terkait dengan penelitian tentang menyusui. Ini termasuk ketidakmampuan untuk mengacak dan membutakan, desain retrospektif dari banyak penelitian dan potensi bias ingatan orang tua, definisi intervensi yang tidak tepat tanpa perbedaan yang jelas antara “ASI eksklusif” dan “menyusui apa pun”, kurangnya kriteria diagnostik yang ketat untuk alergi penyakit, dan, akhirnya, penyebab terbalik, yang berarti bahwa ibu dari bayi yang menunjukkan bukti alergi dapat terus menyusui lebih lama untuk mencegah memburuknya gejala. Meskipun ada kontroversi, pemberian ASI eksklusif paling sedikit selama 4 bulan, tetapi sebaiknya sampai 6 bulan