Overdiagnosis Alergi Susu Sapi, Ternyata Bayiku Tidak Mengalami Alergi susu Sapi

Alergi susu sapi adalah diagnosis umum pada bayi dan anak-anak. Hingga saat ini diagnosis berlebihan banyak diberikan klinisi dalam banyak kasus padahal bayi belum terbukti benar Alergi Susu Sapi. Ttapi juga sebaliknya kurang terdiagnosis di banyak kasus lainnya. Banyak ahli perawatan kesehatan dan orang tua sama-sama bingung, antara alergi susu sapi, alergi makanan atau malabsorpsi laktosa. Banyak kasus dalam praktek klinis sehari hari saat banyak kasus bayi didiagnosis alergi susu sapi ternyata setelah dilakukan eliminasi provokasi makanan terbuka dinyatakan tidak mengidap alergi susu sapi

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics pada bulan April 2020 menimbulkan kekhawatiran bahwa mungkin ada diagnosis berlebih yang signifikan dari alergi susu sapi pada bayi dan anak kecil, yang berasal dari penggunaan rekomendasi medis saat ini.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Imperial College London dan Universitas Sechenov di Moskow. Mereka memeriksa pedoman resmi yang dikeluarkan oleh sembilan organisasi berbeda untuk mendiagnosis alergi susu sapi, antara tahun 2012 dan 2109. Rekomendasi ini datang dari beberapa negara, kebanyakan di Eropa.

Diet eliminasi yang tidak tepat telah diterapkan pada wanita hamil dan menyusui serta bayinya untuk mencegah alergi tanpa bukti ilmiah yang membuktikan kemanjurannya. Bahkan jika diindikasikan dengan baik pada bayi dan anak-anak yang didiagnosis dengan alergi, jenis produk diet yang harus dihilangkan dan durasi eliminasi tersebut tidak selalu logis.

Penghindaran semua produk susu sapi, tanpa substitusi yang tepat, dapat menyebabkan malnutrisi dan / atau defisiensi nutrisi tertentu pada saat bayi dan anak-anak tumbuh. Untuk semua yang terlibat dalam menjaga kesehatan anak, penting untuk memahami aspek multifaset Alergi Susu Sapi, seperti epidemiologi, presentasi, diagnosis, dan manajemen diet, serta pencegahan utamanya. Modalitas terapeutik yang direkomendasikan harus didasarkan pada bukti. Hal ini dimungkinkan bilamana cukup banyak penelitian di satu area tertentu, dalam populasi homogen, membantu membuktikan atau menyangkal pendekatan diagnostik atau terapeutik tertentu.

Di antara yang secara khusus terkait dengan Alergi Susu Sapi adalah yang diterbitkan oleh Organisasi Alergi Dunia (WAO 2010), European Society for Pediatric Gastroenterology, Hepatology and Nutrition (ESPGHAN 2012), dan British Society for Allergy and Clinical Immunology (BSACI 2014).

Waspadai, Sampai saat ini masih banyak bayi yang didignosis berlebihan dan diagnosis salah Alergi Susu Sapi, karena saat dilakukan eliminasi provokasi susu sapi tidak didapatkan gejala alergi susu sapi

Alergi susu paling sering didiagnosis pada anak-anak kurang dari dua tahun. Para peneliti secara tradisional mengklasifikasikannya sebagai mediasi IgE dan non-IgE. Pada tipe yang pertama, reaksi alergi melibatkan komponen antibodi yang disebut imunoglobulin E, yang menyebabkan gejala seperti muntah, timbulnya ruam merah pada kulit, dan sangat jarang, reaksi yang mengancam jiwa yang disebut anafilaksis yang menyebabkan masalah pernapasan. Ini dapat didiagnosis secara reproduktif dengan tes kulit.

BACA  Pengenalan Makanan Pendamping pada Penderita Alergi Susu Sapi

Jenis non-IgE berbeda. Walaupun gejalanya mungkin termasuk muntah, buang air besar, dan tangisan berlebihan, gejala ini sangat tidak spesifik dan, terlebih lagi, terlalu sering dikeluhkan pada bayi muda yang sehat untuk dianggap sebagai petunjuk ke kondisi patologis apa pun.

Berapa banyak anak yang alergi susu sapi?

Tim peneliti menemukan bahwa gejala seperti menangis berlebihan, regurgitasi susu, dan buang air besar sering kali didaftarkan sebagai gejala alergi susu sapi menurut banyak pedoman. Di sisi lain, gejala-gejala ini juga sering ditemukan pada bayi yang sehat.

Menggunakan data sebelumnya, dari studi kohort kelahiran baru-baru ini di Eropa, yang melibatkan lebih dari 12.000 bayi di 9 negara berbeda, hanya sekitar 1% yang didiagnosis dengan alergi susu sapi. Namun, dalam beberapa penelitian lain, persentase keluarga yang mengira anak-anak mereka memiliki alergi tersebut mencapai 14%. Selain itu, antara tahun 2000 dan 2018, di negara-negara seperti Australia dan Inggris, terjadi peningkatan tajam dalam jumlah resep susu formula spesialis untuk bayi yang alergi susu sapi. Di sisi lain, penelitian secara umum menunjukkan tidak ada perubahan dalam kejadian kondisi ini dari waktu ke waktu.

Pedoman resmi tentang cara mengidentifikasi alergi susu sapi bisa menjadi salah satu kemungkinan penyebab peningkatan diagnosis palsu ini, menurut penelitian tersebut.