Sore Nipples atau Nyeri Puting, Penyebab dan Penanganannya

ASI dianggap sebagai bentuk nutrisi terbaik untuk neonatus dan bayi. Sifat-sifat ASI memfasilitasi transisi kehidupan dari dalam utero ke ex utero. Cairan dinamis ini menyediakan beragam zat bioaktif untuk bayi yang sedang berkembang selama periode kritis perkembangan otak, kekebalan, dan usus. WHO, American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists, sangat menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif (tanpa formula, jus, atau air) selama 6 bulan. Setelah pengenalan makanan lain, disarankan untuk terus menyusui sampai tahun pertama kehidupan bayi.

Seberapa sering harus menyusui bayi tergantung pada apakah bayi lebih suka makan kecil, sering, atau menyusu lebih lama. Ini akan berubah seiring pertumbuhan bayi. Bayi baru lahir seringkali ingin menyusu setiap 2-3 jam. Pada usia 2 bulan, menyusui setiap 3-4 jam adalah hal biasa, dan pada usia enam bulan, kebanyakan bayi menyusu setiap 4-5 jam.

Sore nipples atau  Puting sakit.

Ibu bisa merasakan nyeri pada minggu-minggu pertama menyusui.Ada banyak penyebab nyeri puting, beberapa yang sederhana seperti alergi terhadap deterjen pakaian atau bra yang tidak pas. Nyeri puting juga sering terjadi pada wanita menstruasi, hamil, atau menyusui. Ada penyebab nyeri puting yang lebih serius, seperti infeksi dan kanker, jadi penting untuk menemui dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Sebagai gejalanya, nyeri puting berbeda dari orang ke orang. Beberapa mungkin merasa putingnya sakit dan lembut, sementara yang lain merasakan nyeri tajam atau nyeri disertai gatal.

1. Gesekan Puting susu bisa terasa nyeri karena gesekan dengan pakaian, terutama selama aktivitas olahraga. Gesekan adalah alasan paling umum yang menyebabkan puting terasa sakit. Gesekan dapat terjadi jika puting bergesekan dengan kemeja atau bra yang tidak pas, selama aktivitas olahraga, seperti berlari, berselancar, atau bola basket. Gesekan pada puting sering kali dapat menyebabkan nyeri dan nyeri yang menyengat. Kulit juga bisa menjadi kering atau pecah-pecah. Selain itu, periode latihan yang lebih lama berarti periode gesekan yang lama juga. Orang yang sensitif terhadap gesekan dapat memilih untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra, seperti mengenakan selotip pada putingnya selama berolahraga.
  2. Infeksi Puting susu yang terluka karena gesekan, reaksi alergi, atau pecah-pecah atau berdarah memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi. Laktasi dan menyusui juga dapat meningkatkan risiko infeksi. Ada kemungkinan untuk mendapatkan infeksi jamur pada puting susu, yang merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans. Ini bisa jadi akibat kerusakan jaringan di sekitarnya, penggunaan antibiotik baru-baru ini, atau bila seseorang memiliki riwayat infeksi jamur.
  3. Infeksi jamur, juga dikenal sebagai sariawan, di puting sering terasa sebagai rasa terbakar, nyeri menyengat yang tidak kunjung sembuh dengan mengurangi sumber gesekan. Puting susu mungkin berwarna merah muda cerah dan areola mungkin kemerahan atau bersisik. Banyak wanita menyusui menggambarkan sariawan sebagai rasa sakit yang tajam dan panas segera setelah menyusui. Tanda-tanda infeksi juga dapat muncul pada bayi mereka.
  4. Mastitis mungkin terjadi selama kehamilan jika susu terperangkap di salah satu saluran susu. Bakteri bisa mulai tumbuh di saluran dan menyebar. Jenis infeksi ini dapat menyebabkan payudara dan puting bengkak, merah, dan nyeri. Mastitis perlu diobati dengan antibiotik. Jika tidak diobati, abses bisa terbentuk. Siapa pun yang mengalami gejala berikut serta nyeri pada puting dan payudara harus menemui dokter: demam atau menggigil, payudara terasa hangat saat disentuh, kulit kemerahan pada payudara dan puting, pembengkakan payudara tidak teratur
  5. Alergi atau dermatitis atopik Kondisioner kain dan deterjen dapat memperburuk kondisi kulit yang ada. Nyeri dan iritasi yang disertai dengan kulit bersisik, berkerak, atau melepuh mungkin merupakan tanda reaksi alergi atau dermatitis atopik (eksim). Ada berbagai produk rumah tangga yang dapat mengiritasi puting atau memicu peningkatan kondisi kulit yang sudah ada, seperti dermatitis atopik. Ini termasuk: lotion badan, deterjen, sabun mandi, krim cukur, pelembut kain, parfum, kain. Tanda-tanda lain dari reaksi alergi termasuk kulit merah atau pecah-pecah di sekitar puting dan areola, serta rasa gatal yang terus-menerus. Dalam beberapa kasus, ruam dapat terjadi. Krim anti-inflamasi topikal dapat mengobati kasus-kasus kecil, tetapi seseorang harus berbicara dengan dokter jika ruam atau kemerahan meningkat, menyebar, dan tidak menanggapi pengobatan yang dijual bebas.
  6. Kontak seksual Aktivitas seksual bisa menjadi penyebab lain nyeri puting. Gesekan tubuh atau aktivitas seksual yang melibatkan puting dapat menyebabkan nyeri. Nyeri ini biasanya bersifat sementara dan sering diobati hanya dengan memberi waktu pada puting susu untuk sembuh. Menggunakan pelembab atau pelindung puting dapat membantu meminimalkan gesekan dan mencegah gejala menjadi lebih buruk.
  7. Perubahan hormonal Perubahan hormonal normal dalam siklus bulanan wanita juga dapat memicu nyeri pada puting dan payudara. Gejala-gejala ini biasanya dirasakan pada hari-hari sebelum haid dimulai, ketika peningkatan kadar estrogen dan progesteron menarik lebih banyak cairan ke payudara dan menyebabkannya terasa bengkak. Rasa sakit yang terkait dengan perubahan hormonal biasanya mereda saat menstruasi dimulai. Jika rasa sakit ini berlanjut selama lebih dari beberapa hari, seorang wanita mungkin ingin berbicara dengan dokternya.
  8. Kanker dan penyakit Paget Beberapa nyeri pada puting susu dan gejala lainnya dapat menjadi tanda masalah seperti kanker, meskipun tumor biasanya tidak menyebabkan nyeri. Nyeri puting yang disebabkan oleh kanker seringkali hanya mempengaruhi satu payudara dan puting. Penyakit Paget adalah jenis kanker langka yang melibatkan puting susu yang biasanya terjadi bersamaan dengan tumor di payudara yang sama. Orang dengan penyakit Paget dan kanker payudara mungkin mengalami gejala lain, termasuk: puting pipih atau terbalik, cairan kekuningan atau berdarah dari puting, sensasi gatal atau kesemutan. kulit kemerahan, bersisik, berkerak, atau bersisik di sekitar puting dan areola. Penyakit Paget dan kanker payudara didiagnosis dengan memeriksa sel yang terkena. Meskipun penyakit Paget jarang terjadi, siapa pun yang tidak yakin tentang gejalanya harus menemui dokter.
  9. Nyeri puting saat hamil  Nyeri puting juga sering terjadi selama kehamilan atau menyusui. Payudara bisa membesar dan terasa sakit. Puting dan areola bisa menjadi gelap dan sakit, dan benjolan kecil bisa muncul di sekitar puting. Bra penyangga yang pas dapat membantu mengurangi gesekan dan meredakan nyeri. Beberapa wanita hamil merasa terbantu dengan mengenakan bra tidur yang mendukung dalam semalam, seperti yang ditunjukkan di sini. Bra tidur juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada puting dan payudara setelah bayi lahir. Paket gel pendingin, seperti ini, juga dapat meredakan puting yang meradang atau nyeri akibat menyusui.
  10. Menyusui  Ibu menyusui mungkin mengalami nyeri pada puting karena teknik pelekatan bayi.  Menyusui adalah penyebab umum nyeri pada puting. Ini sebagian besar disebabkan oleh teknik pelekatan bayi. Jika bayi tidak memiliki cukup payudara di mulutnya, puting susu akan menempel pada gusi dan langit-langit keras. Bayi harus menempel jauh di payudara dengan puting berada di belakang tenggorokan.  Jika ibu menggunakan pompa payudara, ini juga dapat menyebabkan nyeri pada puting. Rasa sakit mungkin disebabkan oleh terlalu banyak isap atau penggunaan pelindung puting yang tidak pas. Menyesuaikan pompa payudara ke pengaturan yang lebih nyaman dan mendapatkan pelindung puting yang pas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.  Bayi yang mulai tumbuh gigi adalah penyebab potensial nyeri puting lainnya, karena mereka dapat mengubah cara mereka menempel dan bahkan menggigit puting. Seorang wanita menyusui dapat mencoba mendorong bayi untuk memasukkan lebih banyak payudara ke dalam mulutnya, sehingga mereka tidak mudah menggigit.  Jika bayi menekan puting terlalu keras di antara gusi dan langit-langit mulut, aliran darah ke puting dapat terhambat. Hal ini dapat menyebabkan apa yang disebut vasospasme, yang menyakitkan dan menyebabkan puting menjadi putih, lalu merah, lalu ungu secara berurutan.
BACA  Hematopoiesis pada Bayi Baru Lahir

Penanganan

• Nyeri pada puting akibat gesekan dapat dicegah dengan mengenakan bra olahraga yang dipasang dengan benar, kain sintetis yang halus, atau dengan menggunakan produk pelindung, seperti pelindung ruam dan pelindung puting. Beberapa krim atau salep juga dapat membantu mengurangi gesekan.
  • Ibu menyusui didorong untuk mencari penilaian dan perawatan dari konsultan laktasi untuk membantu bayi mereka membentuk kebiasaan makan yang baik. Banyak paket asuransi kesehatan yang mencakup kebutuhan kesehatan ini.
  • Jika Anda ingin membeli krim puting susu, maka ada pilihan yang sangat baik secara online dengan ribuan ulasan pelanggan.
  • Nyeri pada puting yang disebabkan oleh perubahan hormonal saat menstruasi atau kehamilan dapat merespons kehangatan atau pereda nyeri dengan baik, seperti ibuprofen (Proris) atau acetaminophen (Tylenol).
  • Kanker payudara sering diobati dengan pembedahan, radiasi, dan kemoterapi. Pengobatan kasus kecil penyakit Paget biasanya melibatkan pengangkatan puting dan menggunakan terapi radiasi pada payudara yang terkena. Beberapa kasus mungkin memerlukan pengangkatan seluruh jaringan payudara.
  • Pastikan bayi menempel dengan benar, dan gunakan satu jari untuk menghentikan hisapan mulut bayi Anda setelah setiap menyusu. Itu akan membantu mencegah puting lecet.
  • Jika Anda masih sakit, pastikan Anda menyusui dengan setiap payudara cukup penuh untuk mengosongkan saluran ASI. Jika tidak, payudara Anda bisa membengkak, bengkak, dan nyeri. Menahan es atau sekantong kacang polong beku pada puting yang sakit dapat meredakan ketidaknyamanan untuk sementara. Menjaga puting Anda tetap kering dan membiarkannya “mengering” di antara waktu menyusui juga membantu. Bayi Anda cenderung lebih aktif pada awalnya. Jadi mulailah menyusui dengan puting yang tidak terlalu sakit.