Gejala dan Penanganan Sindrom Susu Alkali

Milk-Alkali Syndrome atau Sindrom susu-alkali  disebabkan oleh konsumsi sejumlah besar kalsium dan alkali yang dapat diserap, dengan hiperkalsemia yang dihasilkan. Jika sindrom milk-alkali yang tidak dikenali dan tidak diobati dapat menyebabkan kalsifikasi metastatik dan gagal ginjal. Sindrom ini awalnya dikenali pada tahun 1920 selama pemberian rejimen Sippy, yang terdiri dari susu dan bikarbonat, untuk pengobatan penyakit ulkus peptik.

Dengan perkembangan penghambat alkali dan histamin-2 yang tidak dapat diserap untuk pengobatan penyakit tukak lambung, sindrom susu-alkali menjadi penyebab hiperkalsemia yang jarang; Namun, dengan meningkatnya penggunaan dan promosi kalsium karbonat untuk dispepsia dan untuk suplementasi kalsium, timbul kembalinya sindroma susu-alkali.

Beberapa penulis merekomendasikan mengubah nama sindrom susu-alkali menjadi sindroma alkali-kalsium, karena nama ini mencerminkan perubahan epidemiologi. Sindroma alkali-alkali sekarang lebih sering terjadi pada wanita pascamenopause dengan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D over-the counter (OTC). Sindrom kalsium atau susu-alkali sekarang merupakan penyebab hiperkalsemia paling umum ketiga pada pasien rawat inap.  Sindrom susu-alkali pertama kali digunakan oleh Fuller Albright (salah satu tokoh paling penting dalam endokrinologi di abad ke-20) dan rekan-rekannya di artikel New England Journal of Medicine tahun 1949 yang menjelaskan penyakit ginjal kronis pada sindrom alkali susu.

Sindrom susu-alkali dapat memiliki aktivitas akut dengan induksi hiperkalsemia yang cepat dan gagal ginjal akut segera (dalam seminggu) setelah kelebihan kalsium karbonat dimulai. Kursus yang lebih kronis juga diamati. Dalam bentuk ini, gagal ginjal ireversibel mungkin terjadi, namun banyak pasien mengalami pemulihan parsial dengan diagnosis yang tepat waktu.

Karakteristik hiperkalsemia

• Berbagai variasi gejala terjadi di antara individu dengan hiperkalsemia, bahkan di antara pasien dengan kadar kalsium serum yang serupa. Beberapa pasien mungkin benar-benar asimtomatik, dengan hiperkalsemia ditemukan secara kebetulan setelah beberapa panel kimia.
  • Pasien mungkin mengalami perubahan status mental parah yang meliputi obtundasi dan koma, terutama karena kadar kalsium serum meningkat lebih tinggi dari 15 mg / dL. (Lihat Presentasi dan Workup.)
  • Hiperkalsemia dapat menghasilkan perubahan EKG seperti interval QT / QTc yang disingkat dan gelombang J (atau Osborn) nonhypothermic

Dignosis

• Sindrom susu-alkali adalah diagnosis dengan anamnesis dan pengecualian; Penyebab potensial lain dari hiperkalsemia harus dihilangkan. Riwayat semua obat-obatan yang hati-hati, termasuk obat bebas, harus diperoleh. Ini termasuk pemeriksaan botol yang sebenarnya untuk menentukan bahan, bila diperlukan.
  • Kegagalan untuk mendiagnosa sindroma susu-alkali biasanya berhubungan dengan kegagalan untuk mendapatkan riwayat lengkap pengobatan OTC.  Selain itu, dalam rangkaian 11 pasien sindrom susu-alkali, hanya 5 yang memiliki diagnosis saat dirawat di rumah sakit. Sisanya 6 didiagnosis hanya dengan review grafik dalam retrospeksi.  Pasien yang dipecat tanpa diagnosis spesifik kemungkinan akan melanjutkan asupan kalsium karbonat berlebih dan mengalami hiperkalsemia lagi.
  • Tiga tahap progresif yang berbeda telah diperhatikan. Pertama, tahap toksemia (akut) terjadi dalam 2-30 hari setelah konsumsi kalsium dimulai dan pasien klinis hadir dengan mudah tersinggung, vertigo, apatis, sakit kepala, lemah, nyeri otot, dan / atau muntah. Kedua, tahap intermediate, atau Cope syndrome, secara klinis memiliki gejala di atas bersamaan dengan konjungtivitis. Ketiga, tahap kronis, atau sindrom Burnett, bermanifestasi sebagai kalsifikasi jaringan lunak termasuk konjungtivitis, keratopati band kornea, endapan muskuloskeletal, dan nefrokalsinosis.
  • Tidak ada temuan fisik spesifik atau karakteristik yang dijelaskan untuk sindrom susu-alkali; Tanda dan gejala adalah gejala hiperkalsemia akibat sebab apapun. Gejala sistem saraf pusat mungkin termasuk yang berikut ini:
    • Kelelahan
    • Depresi
    • Rasa tidak enak
    • Kebingungan / perubahan status mental
BACA  SUSU SAPI BISA MENYEBABKAN PENYAKIT TUBERKULOSIS ?

Gejala GI :

• Mual
  • Muntah
  • Sembelit

Gejala dan tanda Genitourinari :

• Frekuensi kencing
  • Cacat tubulus ginjal
  • Gagal ginjal

Penanganan

• Hiperkalsemia ringan. Satu-satunya perawatan yang diperlukan adalah penghentian kalsium karbonat atau pengurangan dosis tidak lebih dari 1200-1500 mg kalsium unsur setiap hari. Pada kebanyakan pasien, suplementasi kalsium harus diubah menjadi suatu bentuk kalsium selain kalsium karbonat. Dengan demikian, alkali yang mudah diserap dihindari.
  • Hiperkalsemia berat. Pasien harus dirawat di rumah sakit. Saline diuresis, yang diproduksi dengan infus volume besar larutan natrium klorida isotonik intravena, adalah pengobatan pilihan. Kalciuresis lebih lanjut dapat diinduksi dengan pengobatan dengan diuretik loop intravena, walaupun kegunaan diuretik loop untuk hiperkalsemia telah dipertanyakan. [
  • Pasien tipikal adalah volume habis; Oleh karena itu, volume harus diganti dengan garam sebelum institusi terapi diuretik. Perhatian harus diberikan untuk tidak menginduksi deplesi volume dengan diuretik, karena hal ini dapat memperburuk hiperkalsemia.
  • Kalsium karbonat harus dihentikan untuk mengatasi patofisiologi yang menghasilkan hiperkalsemia. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, bagaimanapun, pasien dengan sindroma susu-alkali dapat menjadi hipokalsemik sementara selama perawatan dengan pemberian garam intravena dan diuretik intravena.
  • Karena pemeriksaan laboratorium seperti pengukuran PTH tidak akan kembali normal saat terapi dilakukan, kadar kalsium serum harus dipantau secara ketat.
  • Pamidronate telah berhasil digunakan dalam pengobatan hiperkalsemia sekunder akibat sindrom susu-alkali. Namun, pengobatan sindrom susu-alkali dengan bifosfonat dikaitkan dengan hypocalcemia dalam satu seri; 6 dari 11 pasien dengan sindrom susu-alkali mengembangkan hipokalsemia akibat pengobatan, dengan 5 dari 6 pasien yang menerima bifosfonat, sementara dalam rangkaian 6 pasien penulis, tidak satupun yang menerima bifosfonat, hanya satu yang mengembangkan hypocalcemia.
  • Terapi utama untuk hiperkalsemia pada sindrom susu-alkali adalah penggantian volume intravena dengan larutan natrium klorida isotonik. Saat menelan kalsium karbonat telah berhenti, stimulus patofisiologis untuk hiperkalsemia sudah tidak ada lagi. Hiperkalsemia dalam setting ini biasanya cepat terkoreksi. Kehilangan kalsium dari urin dapat ditingkatkan dengan penggunaan diuretik loop, namun terapi ini tidak dapat dimulai sampai volume intravaskular telah terisi kembali. Dialisis ginjal telah digunakan pada beberapa pasien, seperti infus pravronat intravena.
    • Diuretik, Loop. Diuretik menginduksi calciuresis. Pada pasien dengan hiperkalsemia berat, individu biasanya mengalami penurunan volume, yang berarti bahwa volume harus diganti dengan garam sebelum institusi terapi diuretik.
    • Furosemide (Lasix). Furosemide menghambat resorpsi natrium dan klorida dalam lingkaran Henle dan tubulus proksimal dan distal ginjal. Permulaan tindakannya cepat setelah dosis intravena.
    • Pengubah Metabolisme Kalsium. Obat ini menurunkan pergerakan kalsium dari tulang ke serum. Bifosfonat adalah analog dari pirofosfat anorganik dan bertindak dengan mengikat hidroksiapatit dalam matriks tulang, sehingga menghambat pembubaran kristal. Mereka mencegah keterikatan osteoklas terhadap matriks tulang dan rekrutmen dan viabilitas osteoklas.
    • Bifosfonat yang baru tidak sepenuhnya bebas dari risiko menyebabkan cacat mineralisasi, namun jendela terapeutik yang aman jauh lebih luas. Mereka jelas lebih manjur daripada etidronat dalam mengurangi aktivitas penyakit dan menormalkan kadar alkalin fosfatase. Penyakit gigi yang parah bisa menjadi kontraindikasi obat ini.
    • Pamidronate (Aredia). Tindakan utama Pamidronate adalah untuk menghambat resorpsi tulang. Mekanisme penghambatan ini terjadi tidak sepenuhnya diketahui. Obat ini diserap ke kristal kalsium pirofosfat dan dapat menghalangi pembubaran kristal ini, juga dikenal sebagai hidroksiapatit, yang merupakan komponen mineral tulang yang penting. Ada juga bukti bahwa pamidronate secara langsung menghambat osteoklas.
    • Zoledronate (Reclast, Zometa). Zoledronat menghambat resorpsi tulang. Ini menghambat aktivitas osteoklastik dan menginduksi apoptosis osteoklastik.
BACA  WASPADAI SUSU FORMULA ANAK ANDA SEBENARNYA TIDAK STERIL

Referensi

• Medarov BI. Milk-alkali syndrome. Mayo Clin Proc. 2009 Mar. 84(3):261-7. [Medline]. [Full Text].
  • Patel AM, Goldfarb S. Got calcium? Welcome to the calcium-alkali syndrome. J Am Soc Nephrol. 2010 Sep. 21(9):1440-3. [Medline].
  • BURNETT CH, COMMONS RR. Hypercalcemia without hypercalcuria or hypophosphatemia, calcinosis and renal insufficiency; a syndrome following prolonged intake of milk and alkali. N Engl J Med. 1949 May 19. 240 (20):787-94.
  • Chhabra L, Spodick DH. Milk Alkali syndrome: an electrocardiographic masquerader for non-hypothermic Osborn phenomenon. Heart. 2013 Sep. 99(17):1302-3. [Medline].
  • Neupane S. Incidence of milk alkali syndrome in the Women’s Health Initiative clinical trial and cohort study. Osteoporos Int. 2014 Mar. 25(3):1193. [Medline].
  • Kleinig TJ, Torpy DJ. Milk-Alkali syndrome: broadening the spectrum of causes to allow early recognition. Intern Med J. 2004 Jun. 34(6):366-7. [Medline].
  • Irtiza-Ali A, Waldek S, Lamerton E, Pennell A, Kalra PA. Milk alkali syndrome associated with excessive ingestion of Rennie: case reports. J Ren Care. 2008 Jun. 34(2):64-7.

.