Dampak Bayi dengan Ibu Infeksi Rubella Saat Kehamilan Dan Penanganannya

Infeksi Rubella maternal pada kehamilan 12 minggu pertama akan menimbulkan infeksi pada fetus sekitar 81%, sekitar 54% pada kehamilan 13-16 minggu, 36% pada kehamilan 17-22 minggu, dan seterusnya insiden akan semakin menurun dengan meningkatnya usia kehamilan. Transmisi fetomaternal pada kehamilan 10 minggu pertama akan menimbulkan kelainan jantung dan tuli sebanyak 100% pada fetus yang terinfeksi.

Komplikasi utama rubella adalah efek teratogeniknya saat wanita hamil tertular penyakit tersebut, terutama pada minggu-minggu awal kehamilan. Virus ini dapat ditularkan ke janin melalui plasenta dan mampu menyebabkan cacat bawaan yang serius, aborsi, dan bayi lahir mati. Untungnya, karena program imunisasi yang berhasil dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1969, infeksi rubella dan sindrom rubella kongenital jarang terlihat dewasa ini.

Infeksi oleh virus rubella selama kehamilan menghasilkan manifestasi klinis yang parah yang dapat bersifat sementara, permanen, atau tampak terlambat. Cacat parah yang diamati pada anak-anak dengan sindrom rubella kongenital (CRS) termasuk tuli, penyakit jantung, dan keterbelakangan mental, yang terkait, tidak hanya dengan peningkatan morbiditas pasien dan dampak negatif pada lingkungan dan dinamika keluarga, tetapi juga dengan biaya perawatan kesehatan ekonomi yang tinggi. untuk sistem dan masyarakat secara umum,  terutama di negara berkembang, seperti Kosta Rika dan negara Amerika Latin lainnya.

Setelah isolasi pertama virus rubella pada tahun 1962, dengan mempertimbangkan efek merusak dari infeksi janin oleh virus rubella, upaya diarahkan ke produksi vaksin yang efektif dan aman untuk mencegah rubella.  Oleh karena itu, ketersediaan vaksin ini, setelah dilisensikan pada tahun 1969 dengan biaya ekonomi yang terjangkau dan dengan tingkat kemanjuran yang tinggi dan jangka panjang, [5] menimbulkan tantangan penting bagi sistem kesehatan masyarakat di seluruh dunia, karena kemungkinan menghilangkan rubella dan CRS dipandang sebagai kesuksesan besar dalam kesehatan masyarakat.

Vaksinasi diperlukan untuk kelompok tertentu (yaitu laki-laki, remaja dan dewasa), yang secara tradisional bukan kelompok sasaran dalam program vaksinasi sebelumnya. Selain itu, vaksin tidak diindikasikan pada wanita hamil dan strategi besar-besaran akan meningkatkan kemungkinan bahwa wanita yang tidak diketahui hamil mungkin telah terpapar vaksin. Oleh karena itu, kampanye tersebut mengarah pada tindak lanjut dari dekat praktik vaksinasi yang aman selama kehamilan bagi para wanita ini.

Tandan Gejala Rubella pascakelahiran

Virus rubella ditularkan dari orang ke orang melalui partikel aerosol dari saluran pernapasan. Riwayat pajanan mungkin tidak ada. Individu dapat memperoleh infeksi dari pasien yang benar-benar tanpa gejala atau dari seseorang yang mengeluarkan virus selama masa inkubasi. Inkubasi biasanya 14-21 hari setelah seseorang terpapar rubella. Gejala prodromal tidak biasa pada anak kecil tetapi sering terjadi pada remaja dan orang dewasa.

BACA  Berat Badan Lahir Rendah, Penyebab dan Dampaknya

Tanda dan gejala berikut biasanya muncul 1-5 hari sebelum timbulnya ruam:

• Nyeri mata pada gerakan mata ke samping dan ke atas (keluhan yang sangat mengganggu)
  • Konjungtivitis
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Sakit tubuh secara umum
  • Demam ringan
  • Panas dingin
  • Anoreksia
  • Mual
  • Limfadenopati lunak (terutama kelenjar getah bening aurikuler posterior dan suboksipital)
  • Tanda Forchheimer (enanthem diamati pada 20% pasien dengan rubella selama periode prodromal; dapat hadir pada beberapa pasien selama fase awal exanthem; terdiri dari petechiae pinpoint atau lebih besar yang biasanya terjadi pada langit-langit lunak)

Rubella bawaan

Riwayat rubella kongenital berfokus pada hal-hal berikut:

• Jumlah minggu kehamilan saat ibu terpapar rubella (Risiko sindrom rubella kongenital lebih tinggi jika pajanan ibu terjadi selama trimester pertama.)
  • Riwayat imunisasi ibu atau riwayat kesehatan rubella
  • Bukti retardasi pertumbuhan intrauterine selama kehamilan
  • Manifestasi yang menunjukkan sindrom rubella kongenital pada anak

Pemeriksaan Laboratorium Antenatal

• IgM spesifik dari darah fetus yang diperoleh secara PUBS dan antigen rubella dari biopsi spesimen vili horialis.
  • Postnatal Isolasi virus rubella di urin, orofaring. dan deteksi IgM spesifik Rubella pada darah neonatus atau umbilikus.

Penanganan

• Tidak ada terapi spesifik untuk ibu maupun infeksi rubella kongenital karena lebih dari setengah neonatus dengan rubella kongenital asimptomatik pada saat lahir.
  • Pengobatan bersifat suportif. Tidak ada agen antivirus khusus untuk rubella saat ini.
  • Antihistamin mungkin berguna untuk pasien dewasa dengan rubella tanpa komplikasi dan gatal-gatal yang mengganggu.

Untuk kasus yang rumit, pengobatannya adalah sebagai berikut:

• Untuk artritis parah yang mempengaruhi sendi yang menahan beban, anjurkan istirahat. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat membantu, tetapi kortikosteroid tidak diindikasikan.
  • Untuk pasien dengan ensefalitis, berikan perawatan suportif dengan perawatan cairan dan elektrolit yang memadai.
  • Trombositopenia biasanya sembuh sendiri, tetapi jika parah, pertimbangkan imunoglobulin intravena (IVIG). Kortikosteroid belum menunjukkan manfaat khusus apa pun. Splenektomi tidak diindikasikan.

Sindrom rubella kongenital

Pengobatan bersifat suportif. Berikan pemeriksaan penglihatan dan pemeriksaan pendengaran untuk bayi baru lahir tanpa gejala.

• Perawatan bayi baru lahir yang bergejala adalah sebagai berikut:
  • Berikan evaluasi yang cermat terhadap mata dan rujukan oftalmologi untuk bayi dengan pengaburan kornea, katarak, dan retinopati. Pengaburan kornea dapat mengindikasikan glaukoma infantil.
  • Bayi dengan sindrom rubella bawaan yang mengalami gangguan pernapasan mungkin memerlukan perawatan suportif di ICU.
  • Hepatosplenomegali dipantau secara klinis. Tidak diperlukan intervensi.
  • Pasien dengan hiperbilirubinemia mungkin memerlukan fototerapi atau transfusi tukar jika penyakit kuning parah untuk mencegah kernikterus.
  • Kesulitan hemoragik sebenarnya bukanlah masalah besar; namun, IVIG dapat dipertimbangkan pada bayi yang mengalami trombositopenia berat. Kortikosteroid tidak diindikasikan.
  • Bayi yang memiliki kelainan jantung terkait rubella harus diobservasi dengan cermat untuk mencari tanda gagal jantung kongestif. Ekokardiografi mungkin penting untuk diagnosis kelainan jantung.
BACA  Manifestasi Klinis Bayi Dilahirkan Ibu dengan Infeksi Toxoplasmosis

Pencegahan

• Semua wanita pascapubertas tanpa dokumentasi imunitas harus divaksinasi kecuali mereka diketahui hamil. Kelahiran sebelum 1957 atau diagnosis klinis rubella bukanlah bukti infeksi yang dapat diterima untuk wanita yang bisa hamil karena itu hanya bukti dugaan, bukan bukti, kekebalan. Wanita yang menerima vaksin harus dinasihati untuk tidak hamil dalam 28 hari setelah pemberian vaksin.n Pengujian serologi rutin tidak dianjurkan sebelum memberikan vaksin.
  • Pencegahan dan kontraindikasi vaksin MMR. Karena preparat imunoglobulin (Ig) dapat mengganggu respon serologis rubella dan komponen MMR lainnya, vaksin harus ditunda di kemudian hari tergantung pada dosis dan jenis Ig yang diberikan. Misalnya, pasien yang menerima Ig dosis tinggi (1600-2000 mg / kg berat badan), seperti yang diberikan untuk pengobatan penyakit Kawasaki dan idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), harus menunggu selama 11 bulan sebelum menerima MMR. Sebaliknya, pasien yang menerima dosis rendah (misalnya, 10 mg / kg yang digunakan dalam profilaksis hepatitis B) harus menunggu hanya 3 bulan sebelum menerima vaksin MMR (lihat tabel 3.33 di halaman 423 tahun 2003 Buku Merah: Laporan Komite Penyakit Menular untuk semua interval yang disarankan).
  • Replikasi yang lebih baik dari virus vaksin dapat terjadi pada orang yang memiliki penyakit defisiensi imun dan pada orang lain dengan imunosupresi. Imunosupresi berat dapat disebabkan oleh banyak kondisi penyakit, seperti defisiensi imun bawaan, infeksi HIV, dan keganasan hematologi atau umum, dan dengan terapi dengan agen imunosupresif (misalnya, kortikosteroid dosis besar). Untuk beberapa dari kondisi ini, semua orang yang terkena gangguan sistem imun sangat parah. Untuk kondisi lain, seperti infeksi HIV, sejauh mana sistem kekebalan dikompromikan tergantung pada tingkat keparahan kondisi, yang pada gilirannya, bergantung pada penyakit atau tahap pengobatan. Pada akhirnya, dokter pasien harus memikul tanggung jawab untuk menentukan apakah pasien mengalami gangguan kekebalan berat berdasarkan penilaian klinis atau laboratorium.
  • Vaksin MMRV gabungan (ProQuad) telah terbukti terkait dengan peningkatan risiko kejang demam yang terjadi 5-12 hari setelah vaksinasi pada tingkat 1 dari 2300-2600 pada anak-anak berusia 12 -23 bulan dibandingkan dengan vaksin MMR dan varicella terpisah. vaksin diberikan secara bersamaan.
  • Akibatnya, CDC Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan agar vaksin MMR dan varicella yang terpisah digunakan untuk dosis pertama, meskipun penyedia atau orang tua dapat memilih untuk menggunakan MMRV gabungan untuk dosis pertama setelah konseling. tentang risiko ini.  MMRV lebih disukai untuk dosis kedua (pada semua usia) atau dosis pertama jika diberikan pada usia 48 bulan atau lebih.