Waspadai Gigitan Nyamuk Pada Bayi, Bisa Sebabkan Infeksi Otak Japanese encephalitis virus (JEV)

Ensefalitis Jepang adalah infeksi neurologis dengan berbagai manifestasi. Mulai dari perubahan halus dalam perilaku hingga masalah serius, termasuk kebutaan, ataksia, kelemahan, dan gangguan gerakan. Japanese ensefalitis disebabkan oleh Japanese encephalitis virus (JEV), sebuah flavivirus, dan terkait erat dengan ensefalitis St. Louis dan ensefalitis West Nile. Ini terjadi terutama di daerah pedesaan di Asia. Ensefalitis Jepang menyebar melalui daerah ini dengan gigitan nyamuk kuliner, paling sering Culex tritaeniorhynchus. Di Amerika Serikat, ensefalitis Jepang sebagian besar berkembang di antara para pelancong yang kembali dari negara-negara endemis. Negara-negara dengan virus ensefalitis Jepang endemik meliputi Malaysia, Filipina, Cina, Taiwan, Bangladesh, Thailand, India, Jepang, Pakistan, dan beberapa negara lain di wilayah tetangga.

Ensefalitis Jepang adalah virus yang bukan hanya menyerang di kawasan Jepang saja. Virus berbahaya ini dapat ditularkan dari gigitan nyamuk. Ensefalitis Jepang baru-baru ini telah menyebabkan sejumlah kematian di beberapa negara. Ini adalah penyakit dengan virus yang mempengaruhi membran di sekitar otak dan ditandai oleh gejala sakit kepala ringan dan demam. Infeksi ini bisa terjadi pada anak ataupun bayi. Japanese Encephalitis (JE) adalah infeksi otak yang disebabkan flavivirus yang berhubungan dengan demam berdarah, demam kuning dan virus West Nile. Virus ini menyebar pada manusia melalui gigitan nyamuk. Japanese Encephalitis adalah penyebab utama virus ensefalitis virus di negara-negara Asia.

Penyakit ini datang dari nyamuk jenis Culex tritaeniorhynchus dan Culex vishnui. Nyamuk ini berkembang biak di sawah yang terjadi banjir. Selain itu peternakan babi juga dapat memperkuat virus ini tumbuh subur

Seperti yang diungkapkan oleh WHO, Japanese Encephalitis mencapai sekitar 68.000 kasus klinis setiap tahun. Sekitar 24 negara di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat memiliki risiko tinggi Japanese Encephalitis.
Hingga saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang dilakukan masih difokuskan pada penganan infeksi dan gejala klinis yang parah. Untungnya, masih ada vaksin yang aman dan efektif yang tersedia untuk mencegah Japanese Encephalitis. Kasus pertama Japanese Encephalitis didokumentasikan pada tahun 1871 di Jepang.

Tanda dan Gejala

• Orang yang terinfeksi virus Japanese ensefalitis memiliki riwayat pajanan nyamuk di daerah endemis. Orang-orang tersebut dapat mengalami demam, sakit kepala, mual, diare, muntah, dan / atau mialgia, diikuti oleh perubahan status mental, kejang, kelumpuhan lembek, pernapasan hiperpnea, tanda ekstrapiramidal, dan temuan saraf kranial.
  • Sebagian besar infeksi virus Japanese Encephalitis ringan menunjukkan gejala seperti demam, sakit kepala atau bahkan beberapa gejala yang tidak jelas. Pada infeksi yang parah, gejala yang dimunculkan seperti demam tinggi, sakit kepala, leher kaku, tidak sadarkan diri, koma, kejang, lumpuh dan bahkan kematian.
  • Ensefalitis Jepang baru-baru ini telah menyebabkan sejumlah kematian di beberapa negara. Ini adalah penyakit dengan virus yang mempengaruhi membran di sekitar otak dan ditandai oleh gejala sakit kepala ringan dan demam.
  • Namun dalam kasus yang jarang terjadi, gelaja Ensefalitis Jepang meliputi:
    • Demam tinggi
    • Sakit kepala berkepanjangan
    • Leher kaku
    • Disorientasi
    • Koma
    • Kelumpuhan sementara

Penyakit ini bahkan mampu menyebabkan kematian hingga 30% pada penderita yang mengalami gejala. Sekitar 20% -30% penderita yang bertahan hidup mengalami masalah intelektual, perilaku atau neurologis permanen seperti kelumpuhan, kejang berulang atau bahkan mulai kehilangan kemampuannya untuk berbicara. Japanese Enchepalitis ditularkan pada manusia melalui gigitan dari nyamuk yang terinfeksi culex sehingga dikenal dengan nama nyamuk culex. Saat terinfeksi, seseorang tidak menjadi viremia (virus dalam aliran darah) yang cukup untuk menginfeksi nyamuk yang menggigitnya. Virus tersebut mengalami siklus transmisi antara nyamuk, babi dan/atau burung air (siklus enzootik). Penyakit ini terutama ditemukan di daerah pedesaan dan pinggir kota, di mana manusia hidup sangat dekat hewan-hewan tersebut.

Virus Japanese Encephalitis seringkali ditularkan pada musim panas, saat itu wabah dapat menyebar dengan cepat. Di daerah dengan iklim tropis dan subtropis, penularan dapat terjadi sepanjang tahun. Tetapi, virus ini lebih sering terjadi pada periode musim hujan dan pra-panen di daerah-daerah pertanian.

Diagnosa

• Japanese encephalitis virus-imunoglobulin spesifik M (IgM) menangkap enzim-linked immunoassay (ELISA) pada serum atau cairan serebrospinal (CSF) adalah tes diagnostik standar untuk Japanese ensefalitis. Isolasi virus dari spesimen klinis sulit karena viremia pada manusia bersifat sementara dan tingkat rendah. Pungsi lumbal dilakukan untuk mendapatkan CSF dan menyingkirkan kemungkinan etiologi ensefalitis lainnya. Tekanan pembukaan mungkin tinggi, kadar protein CSF mungkin tinggi, dan kadar glukosa CSF sering normal. Temuan potensial darah mungkin termasuk leukositosis ringan dan hiponatremia. Pemindaian MRI dan CT otak dapat menunjukkan lesi thalamic bilateral dengan perdarahan. Elektroensefalografi (EEG) dapat menunjukkan perlambatan difus.

Pencegahan

• Sudah ada vaksin melawan ensefalitis Jepang, namun mahal dan dibutuhkan tiga suntikan yang menurut pakar kesehatan tidak terjangkau di negara-negara berpenghasilan rendah.
  • Cara terbaik untuk mencegah penyakit mereka menyebar adalah untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Kenakan pakaian berwarna terang untuk menutupi tubuh
  • Gunakan anti nyamuk spray pada kulit
  • Jangan berpakaian minim atau telanjang di tempat-tempat yang banyak air tergenang di lingkungan rumah.
  • Jaga agar kolam airnya mengalir terus. Gunakan kasa nyamuk pada jendela atau kelambu ketika tidur di luar ruangan.