10 Tanda Infeksi Pada Bayi Baru Lahir

10 Tanda Infeksi Pada Bayi Baru Lahir
Sebagian besar infeksi pada bayi yang baru lahir disebabkan oleh bakteri dan virus. Jalan lahir seorang ibu mengandung bakteri, terutama jika memiliki infeksi aktif. Saat melahirkan, bayi bisa menelan atau bernapas dalam cairan di jalan lahir, dan bakteri atau virus bisa masuk ke paru-paru serta darahnya.

Bayi dapat menjadi sakit saat melahirkan atau beberapa hari pertama setelah lahir. Karena, bakteri atau virus berkembang biak, sehingga bayi yang baru lahir dapat menjadi sakit begitu cepat. Semakin cepat infeksi ditemukan dan diobati, kian baik untuk bayi yang baru lahir.

Ada sejumlah bakteri dan virus yang dapat ditularkan dari ibu ke bayi selama kehamilan atau melahirkan. Kadang-kadang, bayi yang baru lahir terkena infeksi jika orang di sekitarnya sedang pilek atau flu.

Mungkin awalnya sulit untuk mengetahui apakah bayi baru lahir terserang infeksi atau tidak. Karena, bayi baru lahir yang sehat juga dapat memiliki beberapa gejala meskipun tidak terserang infeksi. Pada bayi baru lahir yang terserang infeksi, gejala-gejala berikut ini akan berlanjut dan bayi perlu diperiksa oleh dokter:

1. Suhu tidak teratur, di bawah 36,6 derajat celsius atau di atas 38 derajat celsius, diukur pada dubur. Suhu tubuh rendah di bawah 36,6 derajat celsius, meskipun diselimuti atau dikenakan pakaian
  2. Malas minum atau tidak mau minum sama sekali
  3. Mengantuk yang berlebihan
  4. Napas cepat pada tingkat lebih dari 60 napas per menit
  5. Perubahan perilaku. Jika infeksi semakin memburuk, bayi yang baru lahir dapat mengembangkan gejala-gejala tambahan seperti berikut ini:
  6. Sulit bernapas
  7. Kebiruan di sekitar mulut