Kenali Bayi Dengan Infeksi Covid19

Manifestasi klinis dalam rangkaian kasus kecil COVID-19 pada neonatus dan bayi berkisar dari asimtomatik hingga cukup parah, tetapi semua kasus pulih relatif cepat dan asimtomatik dengan keluarnya cairan.

Meskipun jarang, anak-anak di bawah usia 1 tahun tampaknya berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah dengan COVID-19 daripada anak-anak yang lebih tua. Ini kemungkinan karena sistem kekebalan mereka yang belum matang dan saluran udara yang lebih kecil, yang membuat mereka lebih mungkin mengembangkan masalah pernapasan dengan infeksi virus pernapasan.

Bayi baru lahir dapat terinfeksi virus yang menyebabkan COVID-19 selama persalinan atau melalui paparan perawat yang sakit setelah melahirkan. Jika Anda mengidap COVID-19 atau sedang menunggu hasil tes karena gejalanya, selama rawat inap setelah persalinan Anda dianjurkan memakai masker kain dan tangan bersih saat merawat bayi Anda. Menaruh tempat tidur bayi Anda di samping tempat tidur Anda selama Anda di rumah sakit tidak masalah, tetapi Anda juga disarankan untuk menjaga jarak yang wajar dari bayi Anda bila memungkinkan. Ketika langkah-langkah ini diambil, risiko bayi baru lahir terinfeksi virus COVID-19 menjadi rendah. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 2% hingga 5% bayi yang lahir dari wanita dengan COVID-19 mendekati waktu persalinan dinyatakan positif virus pada hari-hari setelah lahir. Namun, jika Anda menderita COVID-19 parah, Anda mungkin perlu dipisahkan untuk sementara dari bayi Anda.

Bayi yang mengidap COVID-19 atau yang tidak dapat dites karena kurangnya ketersediaan dan tidak memiliki gejala dapat dipulangkan dari rumah sakit, tergantung pada keadaan. Pengasuh bayi disarankan memakai masker dan mencuci tangan untuk melindungi diri. Tindak lanjut yang sering dengan penyedia perawatan kesehatan bayi diperlukan – melalui telepon, kunjungan virtual atau kunjungan ke kantor – selama 14 hari. Bayi yang hasil tesnya negatif COVID-19 dapat dipulangkan dari rumah sakit.

Penelitian

BACA  Campak Jerman atau Rubela Pada Bayi : Gejala dan Imunisasi Pencegahannya

Dalam laporan serial kasus  8 kasus covid19 pada neonatus yang termuda hanya berusia 5 hari), gejala yang paling umum adalah demam, batuk, dan coryza. Hanya satu yang membutuhkan perawatan PICU untuk bantuan pernapasan — kemungkinan besar karena kombinasi prematuritas dan infeksi SARS-CoV-2. Meskipun diare dan muntah telah dilaporkan. Tiga dari anak-anak  juga koinfeksi dengan virus pernapasan musiman lainnya, meskipun hal ini tidak secara konsisten memperpanjang masuknya mereka lebih dari kasus lain. Tidak semua kasus dilakukan foto ronstge, dan di mana pun, hanya menunjukkan perubahan parenkim ringan. Masih belum ada bukti yang meyakinkan tentang penularan vertikal intrauterine, dan kemungkinan sstu penderita  neonatus tertular infeksi SARS-CoV-2 setelah melahirkan.

Antara 10 Maret 2020 dan 17 April 2020, dari 8/70 (11,4%) bayi positif SARS-CoV-2 yang datang, 5/8 (63%) mengalami demam, 4/8 (50%) memiliki saluran pernapasan bagian bawah keterlibatan, 2/8 (25%) memiliki neutropenia dan trombositosis, dan 4/8 bayi (50%) dirawat untuk dugaan sepsis dengan antibiotik spektrum luas. Hanya 1/8 (13%) yang membutuhkan perawatan intensif anak. Semua pasien akhirnya dipulangkan dengan baik.

MANIFESTASI KLINIS BAYI DENGAN COVID19

Sebanyak 70 bayi dites SARS-CoV-2 antara 10 Maret 2020 dan 17 April 2020. Indikasi penyelidikan SARS-CoV-2 umumnya dipandu oleh definisi kasus dan rekomendasi dari Kesehatan Masyarakat Inggris untuk pengujian membutuhkan masuk ke rumah sakit,

• demam ≥37,8 ° C
  • gejala pernapasan berikut, yang harus berawal akut: batuk terus-menerus (dengan atau tanpa dahak), suara serak, ingus atau hidung tersumbat, sesak napas, sakit tenggorokan, mengi, bersin.
  • bayi dirawat karena suspek sepsis dengan antibiotik spektrum luas, 5/8 (63%) mengalami demam,
  • neutropenia dan trombositosis.

Covid19 menyebabkan infeksi saluran pernapasan ringan yang sembuh sendiri pada orang dewasa dan anak-anak. Meskipun bukti terbatas sejauh ini, sekarang ada konsensus umum bahwa anak-anak relatif terlindungi dari COVID-19 yang parah, berbeda dengan orang tua dan orang dewasa dengan kondisi kesehatan kronis yang mendasarinya.

BACA  Benarkah Bayi Sulit Makan Karena Kebanyakan Susu >

Penelitian sebelumnya dari Cina, Eropa dan Amerika Serikat telah menunjukkan relatif sedikit infeksi pada anak-anak, dengan penyakit parah dan kematian jarang terjadi.1,3–5,7 Jumlah rendah infeksi SARS-CoV-2 yang dilaporkan pada anak-anak mungkin disebabkan oleh pengujian selektif hanya pada anak-anak yang cukup sakit untuk dibawa ke rumah sakit, yang merupakan praktik saat ini di negara-negara ini. Di negara lain yang telah mengadopsi skrining SARS-CoV-2 komunitas massal, seperti Korea Selatan, sebagian besar pasien pediatrik hanya terpengaruh ringan.8

Covid19 pada bayi, gejala yang paling umum adalah demam, batuk, dan coryza. Hanya satu  yang membutuhkan perawatan PICU untuk bantuan pernapasan — kemungkinan besar karena kombinasi prematuritas dan infeksi SARS-CoV-2. Meskipun diare dan muntah telah dilaporkan,  hal ini tidak diamati dalam seri ini.

Tiga dari anak-anak juga koinfeksi dengan virus pernapasan musiman lainnya, meskipun hal ini tidak secara konsisten memperpanjang masuknya mereka lebih dari kasus lain. Tidak semua kasus dilakukan CXR, dan di mana pun, hanya menunjukkan perubahan parenkim ringan. Masih belum ada bukti yang meyakinkan tentang penularan vertikal intrauterine, dan kemungkinan neonatus tertular infeksi SARS-CoV-2 setelah melahirkan.