INFEKSI BAWAAN PADA BAYI BARU LAHIR

Infeksi bawaan masih merupakan masalah yang serius pada bayi baru lahir (BBL). Infeksi juga masih berperan utama dalam angka kesakitan dan angka kematian BBL di Indonesia. Sampai saat ini, memang belum ada data nasional yang akurat mengenai angka kesakitan dan kematian karena infeksi pada BBL. Namun, sejak krisis ekonomi melanda kawasan Asia, termasuk Indonesia, diperkirakan angka kematian bayi cenderung meningkat.

Banyak faktor yang berpengaruh terhadap infeksi BBL. Faktor itu adalah kesehatan ibu yang buruk, infeksi maternal yang tidak diobati, penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, infeksi saluran kemih, korioamnionitis, imunisasi ibu hamil terhadap tetanus yang tidak lengkap, penatalaksanaan persalinan yang belum memadai, pemotongan dan perawatan tali pusat yang tidak steril, serta kegagalan pemberian ASI dini dan eksklusif.

Fungsi imunologis sang bayi yang belum berkembang dengan baik berpengaruh terhadap angka kesakitan dan kematian karena infeksi pada BBL. Terlihatnya cadangan prekursor granulosit yang masih rendah dalam sumsum tulang, masih rendahnya aktivitas komplemen serum, dan masih rendahnya kesanggupan memproduksi antibodi terhadap antigen polisakarida bakteri dan lain-lainnya, merupakan indikasi fungsi imunologis yang belum berkembang dengan baik. Ditambah lagi dengan sedikitnya IgG yang diperoleh dari ibu turut pula berperan.

Kontak dengan Organisme Patogenik

Infeksi yang terjadi pada BBL , tambah Rachma, dapat pula disebabkan oleh kontak bayi dengan organisme yang potensial patogenik. Mekanismenya terbagi dalam tiga kategori, pertama, Infeksi Intrauterin (transmisi melalui plasenta). Kedua, infeksi saat persalinan. Ketiga, infeksi pascanatal yang berasal dari ibu setelah melahirkan, dari lingkungan, dan rumah sakit.

Ibu yang mengidap cytomegalovirus, toxoplasmosis, HIV (Human Immunodeficiency Virus), rubella, hepatitis, herpes simplex, syphylis, bakteri, dan lain-lain, tentu dapat menular ke janin/bayi pada intranatal. Bila infeksi terjadi pada ibu sebelum konsepsi atau pada masa perinatal, kata Rachma, dampaknya akan terjadi sekaligus kepada ibu, janin, dan bayi yang baru lahir.

Masalah yang mungkin terjadi karena hal itu adalah terserapnya mudigah yang telah terbentuk, keguguran, lahir mati, cacat bawaan, retardasi pertumbuhan janin dalam kandungan, prematuritas. Walau demikian, bisa juga terjadi bayi tidak tampak sakit atau bayi normal.

Penegakkan diagnosis infeksi pada ibu hamil secara klinis tidak mudah. Sebab, gejalanya tidak selalu dapat dilihat dan dirasakan oleh ibu hamil. Diagnosis secara klinis dan laboratoris perlu pula dilakukan terhadap ibu hamil dan BBL. Beberapa pemeriksaan yang diperlukan untuk diagnosis infeksi intrauterin antara lain pemeriksaan serologis (toxoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, herpes simplex, syphilis, dan HIV) serta pemeriksaan antigen (toksoplasma-hepatitis).

Uji Saring Ibu Hamil

Bila bayi yang baru lahir mengalami gejala seperti purpura, kuning, hepatosplenomegali, trombositopenia. Gejala itu, menurut Rachma, mengindikasikan bayi terjangkit infeksi TORCH (toxoplasma, other, rubella, cytomegalovirus dan herpes simplex). Untuk mencegah penyakit tersebut diderita BBL, disarankan untuk mulai melakukan uji saring pada ibu hamil atau prakonsepsi pada golongan ibu resiko tinggi.

Hal tersebut perlu dilakukan agar angka kesakitan dan angka kematian serta cacat bawaan dapat diturunkan. Wanita hamil yang terinfeksi TORCH dapat mengalami keguguran, dan menderita cacat bawaan.

Selain itu, pencegahan infeksi dapat dilakukan dengan memberikan imunisasi aktif pada ibu hamil, dan kepada BBL. Salah satunya adalah pemberian imunisasi hepatitis B pada BBL. Pemberian vaksin ini sangat efektif untuk memblokir transmisi hepatitis B ke bayi dari ibu karier kronik hepatitis B (HbsAg positif).

American Academics of Paediatrics Committee on Infectious Diseases (1994) menganjurkan, imunisasi hepatitis B sebaiknya diberikan 3 kali secara serial bersama-sama dengan pemberian HBIG pada bayi yang lahir dari ibu dengan HbsAg positif. Dengan cara ini, 86 persen bayi mempunyai kadar antibodi yang tinggi terhadap HbsAg selama 60 bulan setelah lahir. Wanita hamil agar tidak melakukan kontak dengan penderita penyakit menular juga merupakan upaya untuk mencegah infeksi bawaan.

www.klinikbayi.com

Provided By: KLINIKBAYI.COM In 1,000 days Your Children, You can change the future. Our Children Our Future Supported By: GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 2961425208131592-2012 – 08131592-2013 email : judarwanto@gmail.com http://growup-clinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic @growupclinic Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen *** Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae : Twitter: @WidoJudarwanto Facebook: www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider